Cepat Menyebar Kasus Omicron di Inggris hingga Amerika Serikat

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 05:19 WIB
Omicron adalah varian baru virus Corona. Virus ini pertama kali terdeteksi di Afrika.
Ilustrasi Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Virus Corona varian Omicron menyebar secara cepat. Dua negara yang mengalami lonjakan kasus varian Omicron secara signifikan adalah Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Otoritas kesehatan Inggris mencatat kenaikan 50 persen untuk kasus varian baru virus Corona Omicron di wilayahnya. Dalam 24 jam terakhir, Inggris melaporkan tambahan 86 kasus varian Omicron.

Dilansir dari Xinhua News Agency, Senin (6/12/2021), Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyebut ada tambahan 86 kasus varian Omicron dalam sehari itu. Jika dibandingkan dengan 160 total kasus Omicron di Inggris pada Sabtu (4/12), maka ada kenaikan 50 persen.

Inggris saat ini mencatat total 246 kasus varian Omicron di berbagai wilayahnya. Menurut data resmi yang dirilis Minggu (5/12) waktu setempat, Inggris mencatat 43.992 kasus baru Corona dalam sehari.

Angka ini naik jika dibandingkan sehari sebelumnya, yakni 42.848 kasus Corona pada Sabtu (4/12) waktu setempat. Total kasus Corona di Inggris mencapai 10.464.389 kasus.

Inggris juga melaporkan 54 kasus tambahan kematian terkait Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan itu, Inggris mencatat total 145.605 kematian akibat Corona di wilayahnya.

Angka ini hanya mencakup orang-orang yang meninggal dalam 28 hari setelah dinyatakan positif Corona. Data terbaru itu diumumkan saat Menteri Kesehatan Inggris, Sajid Javid, menyatakan seluruh kedatangan internasional, termasuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas diwajibkan menjalani tes Corona sebelum keberangkatan mulai Selasa (7/12) dini hari waktu setempat. Tes Corona itu harus dilakukan maksimum 48 jam sebelum keberangkatan.

Sejauh ini, lebih dari 88 persen warga Inggris yang berusia 12 tahun ke atas telah mendapatkan setidaknya satu dosis vaksin Corona dan nyaris 81 persen telah menerima dua dosis vaksin Corona. Sementara, lebih 35 persen warga telah menerima suntikan booster, atau dosis ketiga vaksin Corona.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Thailand hingga Rusia Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]