Ledakan Terjadi Dekat Fasilitas Nuklir Iran, Diduga dari Rudal Pertahanan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 02:16 WIB
Iran conducts multiple ballistic missile tests in what it said is a display of “deterrent power,” defying US sanctions aimed at disrupting its missile program. (File/AFP)
Foto: Ilustrasi Rudal (AFP/Photo File)
Badroud -

Ledakan keras terjadi di dekat fasilitas nuklir Iran. Komandan Pertahanan Udara Iran menyebut ledakan itu berasal dari rudal sistem pertahanan Iran.

Seperti dilansir AFP, Minggu (5/12/2021), ledakan itu tedengar di langit kota Badroud di Iran. Kota tersebut hanya berjarak 20 kilometer dari fasilitas pembangkit nuklir Iran.

Seorang saksi mata di lokasi mengaku mendengar suara keras disertai dengan cahaya. Dia menyebut sebuah benda meledak di atas kota Badroud.

"Penduduk Badroud mendengar suara itu dan melihat cahaya yang menunjukkan sebuah benda baru saja meledak di langit di atas kota," kata seorang saksi mata kepada IRNA.

Namun demikian, Komandan Pertahanan Udara untuk wilayah Natanz mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa tidak ada alasan untuk khawatir. Dia memastikan ledakan itu berasal dari rudal sistem pertahanan Iran.

"Satu jam yang lalu, salah satu sistem rudal kami di wilayah itu diuji untuk menilai keadaan kesiapan di lapangan, dan tidak ada yang perlu ditakuti," kata komandan itu.

Belakangan pembicaraan terkait nuklir antara negara-negara besar memang sempat memanas.

(maa/maa)