International Updates

China Izinkan Boeing 737 MAX Mengudara Lagi, Varian Omicron Masuk Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 17:53 WIB
Nama Boeing langsung mencul ke permukaan pasca jatuhnya 737 Max 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlines. Berikut foto-foto pabriknya.
Ilustrasi (dok. Stephen Brashear/Getty Images)
Jakarta -

Otoritas China telah memberikan izin kepada pesawat Boeing 737 MAX untuk kembali mengudara usai di-grounded sejak tahun 2019. Malaysia mendeteksi satu kasus varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, dari seorang mahasiswi asing yang tiba dari Afrika Selatan.

Dinyatakan otoritas China bahwa Boeing 737 MAX kini layak terbang usai mengambil 'tindakan-tindakan korektif' untuk meningkatkan keselamatan. Boeing 737 MAX di-grounded oleh China setelah terjadi kecelakaan Ethiopian Airlines pada Maret 2019 dan kecelakaan Lion Air pada Oktober 2018.

Otoritas Malaysia berhasil mendeteksi kasus varian Omicron setelah melakukan pengujian ulang terhadap sampel-sampel positif Corona di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan varian baru itu sebagai 'variant of concern' pada 24 November.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (3/12/2021):

- Australia Laporkan 1 Kasus Penularan Lokal Varian Omicron

Australia melaporkan satu kasus baru virus Corona (COVID-19) varian Omicron pada seorang siswa yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri beberapa waktu terakhir. Kasus ini disebut sebagai kasus pertama untuk penularan lokal varian Omicron di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/12/2021), satu kasus varian Omicron tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri ini terdeteksi di kota Sydney saat otoritas Australia melarang warga negara asing masuk ke wilayahnya dan membatasi penerbangan dari negara-negara Afrika bagian selatan, lokasi awal terdeteksinya varian ini.

"Kasus ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun keterkaitan dengan orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri," sebut Otoritas Kesehatan New South Wales dalam pernyataannya.

- China Akhirnya Kembali Izinkan Boeing 737 MAX Mengudara

Otoritas China akhirnya memberikan izin kepada pesawat Boeing 737 MAX untuk kembali mengudara setelah di-grounded sejak tahun 2019 usai dua kecelakaan fatal. Dinyatakan otoritas China bahwa Boeing 737 MAX kini layak terbang usai mengambil 'tindakan-tindakan korektif' untuk meningkatkan keselamatan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/12/2021), China menjadi salah satu negara pertama yang meng-grounded Boeing 737 MAX setelah terjadi kecelakaan Ethiopian Airlines pada Maret 2019 yang menewaskan 157 orang, hanya lima bulan usai kecelakaan Lion Air pada Oktober 2018 di Indonesia yang menewaskan 189 orang.

Pada Kamis (2/12) waktu setempat, otoritas China memberikan lampu hijau setelah mewajibkan upgrade pada pesawat, yang mencakup meng-install program software baru untuk mengatasi kerusakan, dan memperbarui manual penerbangan.