Australia Laporkan 1 Kasus Penularan Lokal Varian Omicron

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 09:24 WIB
Pemerintah Australia akan cabut larangan perjalanan internasional tanpa izin bagi warga negaranya. Kebijakan itu rencananya akan dilakukan mulai akhir tahun ini
Ilustrasi (dok. Getty Images)
Sydney -

Australia melaporkan satu kasus baru virus Corona (COVID-19) varian Omicron pada seorang siswa yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri beberapa waktu terakhir. Kasus ini disebut sebagai kasus pertama untuk penularan lokal varian Omicron di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/12/2021), satu kasus varian Omicron tanpa riwayat perjalanan ke luar negeri ini terdeteksi di kota Sydney saat otoritas Australia melarang warga negara asing masuk ke wilayahnya dan membatasi penerbangan dari negara-negara Afrika bagian selatan, lokasi awal terdeteksinya varian ini.

"Kasus ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun keterkaitan dengan orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri," sebut Otoritas Kesehatan New South Wales dalam pernyataannya.

Namun demikian, ditekankan Otoritas Kesehatan New South Wales bahwa penyelidikan lebih lanjut dan pelacakan kontak tengah dilakukan.

Australia telah mendeteksi sembilan kasus varian Omicron, namun semuanya terdeteksi dari para pelancong yang baru tiba dari luar negeri.

Kasus terbaru yang merupakan penularan lokal atau penularan di tengah masyarakat ini, memunculkan dugaan bahwa varian Omicron mungkin sudah menyebar lebih luas ke masyarakat setempat.

Sekolah yang menjadi tempat siswa yang terinfeksi varian itu belajar, Regents Park Christian School, di Sydney sebelah barat ditutup sementara. Keluarga siswa itu juga tengah dikarantina.