International Updates

China Izinkan Boeing 737 MAX Mengudara Lagi, Varian Omicron Masuk Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 17:53 WIB
Nama Boeing langsung mencul ke permukaan pasca jatuhnya 737 Max 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlines. Berikut foto-foto pabriknya.
Ilustrasi (dok. Stephen Brashear/Getty Images)

- Taliban Sebut 9 Tentara Iran Tewas-Luka dalam Baku Tembak di Perbatasan

Pemerintahan Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan menyebut bahwa sedikitnya sembilan tentara Iran tewas dan luka-luka dalam bentrokan yang diwarnai baku tembak di perbatasan Afghanistan-Iran. Taliban menyebut bentrokan itu dipicu oleh upaya penyelundupan bahan bakar dari wilayah Iran ke Afghanistan.

Seperti dilansir Arab News, Jumat (3/12/2021), bentrokan antara petempur Taliban dengan tentara Iran itu terjadi di Konjak, Provinsi Nimroz, Afghanistan bagian barat daya, pada Rabu (1/12) siang waktu setempat yang berlanjut hingga tengah malam.

Otoritas setempat dan para saksi mata menuturkan bahwa Taliban menguasai tiga pos pemeriksaan Iran di perbatasan.

- Malaysia Temukan Varian Omicron Saat Uji Ulang Sampel Positif Corona

Otoritas Malaysia mendeteksi kasus pertama untuk varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, di wilayahnya. Ditekankan otoritas Malaysia bahwa kasus varian Omicron ini ditemukan setelah melakukan pengujian ulang terhadap sampel-sampel positif Corona di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Jumat (3/12/2021), Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan pengujian ulang terhadap 74 sampel positif Corona di KLIA antara 11-28 November, usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan varian Omicron sebagai 'variant of concern' pada 24 November.

Hasilnya yang keluar pada Kamis (2/12) waktu setempat menunjukkan varian Omicron ditemukan pada seorang mahasiswi asing berusia 19 tahun yang tiba dari Afrika Selatan sekitar dua pekan lalu.

- Imbas Omicron, AS Perketat Aturan Masuk untuk Pelancong Mulai 6 Desember

Otoritas Amerika Serikat (AS) memperketat aturan masuk untuk para pelancong internasional menyusul terdeteksinya virus Corona (COVID-19) varian Omicron. Mulai Senin (6/12) mendatang, setiap pelancong internasional via jalur udara wajib memiliki hasil tes negatif Corona yang diambil sehari sebelum keberangkatan.

Di bawah aturan yang kini berlaku, seperti dilansir Reuters, Jumat (3/12/2021), para pelancong internasional yang sudah divaksinasi dan menggunakan pesawat harus menunjukkan hasil tes negatif Corona yang diambil maksimal tiga hari sebelum keberangkatan.

Sedangkan para pelancong yang belum divaksinasi harus memiliki hasil tes negatif Corona yang diambil sehari sebelum keberangkatan.


(nvc/nvc)