Malaysia Temukan Varian Omicron Saat Uji Ulang Sampel Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 13:56 WIB
Malaysia menjadi salah satu negara asia yang dinilai berhasil melawan pandemi COVID-19. Lebih dari setengah kasus positif di sana telah dinyatakan sembuh.
Ilustrasi (dok. AP/Vincent Thian)

Dia menambahkan bahwa mahasiswi itu bersama delapan orang lainnya yang menjadi kontak dekatnya telah diminta menjalani tes PCR tambahan untuk memastikan mereka benar-benar negatif Corona. "Kami memanggil mereka hanya untuk memastikan mereka tidak positif," ucapnya.

Malaysia, sama seperti beberapa negara lainnya, memperketat pembatasan usai kemunculan varian Omicron. Otoritas Malaysia melarang masuk para pelancong dari delapan negara Afrika dan mewajibkan pelancong dari negara-negara berisiko tinggi untuk memakai alat pelacak digital selama dikarantina.

Hingga kini, masih banyak yang belum diketahui soal varian Omicron, termasuk apakah varian baru ini lebih menular -- seperti diperkirakan sejumlah otoritas kesehatan, juga apakah varian baru ini membuat orang-orang lebih sakit parah, dan apakah varian baru ini bisa menghindari vaksin Corona.


(nvc/tor)