Bertambah, Total 8 Kasus Varian Omicron Kini Terkonfirmasi di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 10:05 WIB
Mia Fontes, 15 shows the stickers she received after being inoculated with the second dose of the Pfizer COVID-19 vaccine, Thursday, July 22, 2021, at the American Museum of Natural History in New York. The museum moved their vaccination site from the Hall of Ocean Life where the famous 94-foot-long model of a blue whale is hanging from the ceiling to a smaller adjacent gallery. New York City is closing the big vaccination sites to focus on areas with low vaccination rates. (AP Photo/Mary Altaffer)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Mary Altaffer)
Washington DC -

Otoritas Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi total delapan kasus virus Corona (COVID-19) varian Omicron telah terdeteksi di wilayahnya. Delapan kasus ini mencakup satu kasus di Minnesota yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri dan lima kasus lainnya di negara bagian New York.

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/12/2021), Gubernur New York, Kathy Hochul, baru saja mengumumkan bahwa lima kasus varian Omicron terkonfirmasi di wilayahnya.

"Negara bagian New York telah mengonfirmasi lima kasus varian Omicron," ungkap Hochul dalam pernyataan via Twitter pada Kamis (2/12) waktu setempat.

Dia menyatakan bahwa terdeteksinya varian Omicron di New York itu bukannya tidak diduga.

"Biar saya perjelas: Ini bukan alasan untuk khawatir. Kita tahu varian ini datang dan kita memiliki cara untuk menghentikan penyebarannya," cetus Hochul. "Dapatkan vaksin Anda. Dapatkan suntikan booster Anda. Pakai masker Anda," imbuhnya.

Tidak dijelaskan lebih lanjut apakah lima kasus varian Omicron di New York ini memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau tidak.

Dua kasus varian Omicron lainnya terdeteksi di negara bagian Minnesota dan Colorado. Untuk di Minnestoa, otoritas kesehatan setempat mengumumkan pada Kamis (2/12) waktu setempat bahwa varian Omicron terdeteksi pada seorang pria yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri beberapa waktu terakhir.