Biden ke Warga AS: Suntikan Booster Jadi Perlindungan Terbaik dari Omicron

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:50 WIB
President Joe Biden speaks about the end of the war in Afghanistan from the State Dining Room of the White House, Tuesday, Aug. 31, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (dok. AP Photo/Evan Vucci)

Sebelumnya, kepala penasihat medis untuk Presiden AS, Dr Anthony Fauci, menyebut bahwa data-data menunjukkan level antibodi melonjak setelah suntikan dosis booster dari vaksin Corona merek apapun yang disetujui penggunaannya di AS.

"Dan orang-orang bertanya, mengapa itu penting? Karena pengalaman kita dengan varian-varian seperti varian Delta adalah meskipun vaksinnya tidak secara spesifik menargetkan varian Delta, ketika Anda memiliki level respons imun yang cukup tinggi, Anda mendapatkan perlindungan tambahan terhadap varian yang tidak secara spesifik menjadi target vaksin," jelasnya.

Dengan kata lain, respons imun begitu luas dan kuat sehingga meskipun sebuah varian mampu menghindari respons imun tersebut, masih ada kekuatan ekstra yang cukup sehingga orang-orang masih terlindungi.

"Dan itulah alasannya mengapa kita merasa bahwa meskipun kita tidak memiliki banyak data soal itu, ada banyak alasan untuk meyakini bahwa peningkatan semacam ini yang Anda dapatkan dengan booster akan membantu, setidaknya dalam mencegah penyakit parah akibat varian seperti Omicron," imbuh Fauci.


(nvc/idh)