Kasus Omicron Pertama Terdeteksi, Warga AS Diimbau Segera Divaksin Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 10:39 WIB
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) telah mendeteksi kasus pertama varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, di wilayahnya dari seseorang yang baru tiba dari Afrika Selatan. Warga AS pun diimbau untuk segera mendapatkan vaksinasi Corona di tengah kekhawatiran global soal varian baru tersebut.

Seperti dilansir CNN, Kamis (2/12/2021), kepala penasihat medis Presiden Joe Biden, Dr Anthony Fauci, dalam pengumuman pada Rabu (1/12) waktu setempat, menyatakan bahwa kasus pertama varian Omicron terdeteksi pada seseorang yang baru tiba di San Francisco, California, dari Afrika Selatan.

Fauci yang juga pakar penyakit menular terkemuka AS ini menyebut pasien varian Omicron pertama di AS mengalami 'gejala-gejala ringan'.

"Individu tersebut adalah seorang pelancong yang kembali dari Afrika Selatan pada 22 November dan dinyatakan positif pada 29 November. Individu ini tengah menjalani karantina mandiri dan semua kontak dekatnya telah dihubungi dan semua kontak dekatnya, sejauh ini, dinyatakan negatif," terang Fauci.

"Individu ini telah divaksinasi penuh dan mengalami gejala-gejala ringan, yang saat ini telah membaik. Jadi ini adalah kasus terkonfirmasi pertama COVID-19 yang disebabkan oleh varian Omicron yang terdeteksi di Amerika Serikat," imbuhnya dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Fauci menyatakan bahwa terdeteksinya varian Omicron menjadi alasan lain bagi orang-orang untuk divaksinasi sekarang dan mendapatkan suntikan booster bagi mereka yang sudah divaksinasi penuh.

"Saya pikir apa yang terjadi sekarang menjadi contoh lain soal mengapa penting bagi orang-orang untuk divaksinasi," sebutnya, sembari menyatakan bahwa sama pentingnya bagi orang-orang yang sudah divaksinasi untuk mendapatkan suntikan booster.