Usai Omicron Terdeteksi, Kasus Harian Corona di Afsel Naik 2 Kali Lipat

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 11:44 WIB
Virus Corona varian Omicron tengah menjadi sorotan dunia. Varian ini diketahui pertama kali terdeteksi di benua Afrika, salah satunya Afrika Selatan.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Johannesburg -

Tambahan kasus virus Corona (COVID-19) di wilayah Afrika Selatan (Afsel) naik nyaris dua kali lipat dalam sehari. Kenaikan ini mengisyaratkan lonjakan dramatis di negara yang menjadi lokasi awal terdeteksinya varian baru Omicron, yang memicu kekhawatiran global dan kini menyebar ke berbagai negara.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (2/12/2021), data terbaru otoritas Afrika Selatan menunjukkan 8.561 kasus Corona terdeteksi dalam sehari, sepanjang Rabu (1/12) waktu setempat. Angka itu melonjak drastis dari 4.373 kasus Corona dalam sehari pada Selasa (30/11) waktu setempat.

Para ilmuwan di Afrika Selatan menyatakan mereka bersiap menghadapi peningkatan pesat kasus Corona usai terdeteksinya varian Omicron di negara tersebut.

"Ada kemungkinan bahwa kita benar-benar akan melihat kenaikan serius hingga dua kali lipat atau tiga kali lipat kasus saat kita berlanjut atau saat pekan ini berjalan," ucap pakar virologi regional pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Nicksy Gumede-Moeletsi, kepada Associated Press.

"Ada kemungkinan bahwa kita akan melihat kenaikan cepat dalam jumlah kasus yang diidentifikasi di Afrika Selatan," imbuhnya.

Afrika Selatan telah melihat periode penularan rendah pada awal November, dengan rata-rata 7 hari sekitar 200 kasus baru per hari, tapi pada pertengahan November jumlah kasus mulai meningkat pesat.

Kasus-kasus baru yang dilaporkan pada Rabu (1/12) waktu setempat mewakili 16,5 persen tingkat positif kasus yang dites -- naik 1 persen dari angka yang sama pada November.