Flu Burung Terdeteksi di Peternakan Ayam di Utara Prancis

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 00:40 WIB
Chicken in a coop
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Paris -

Prancis telah mendeteksi virus flu burung yang sangat patogen di peternakan ayam di utara negara tersebut. Hal itu dilaporkan oleh Kementerian Peternakan Prancis.

Dilansir AFP, Sabtu (27/11/2021), pihak berwenang mengatakan mereka belum mengidentifikasi jenis virus tersebut. Merespons hal itu, peternakan akan menyembelih ayam.

Kementerian Peternakan Prancis juga mengatakan bahwa mereka akan mendisinfektan peternakan itu untuk mencegah penyebaran penyakit.

Wabah flu burung tersebut mengikuti beberapa wabah di antara peternakan ayam di Eropa dan Asia dalam beberapa pekan terakhir sebagai tanda virus menyebar dengan cepat lagi.

Beberapa kasus flu burung yang parah telah terdeteksi di Prancis pada bulan lalu di antara unggas halaman belakang dan juga burung liar. Hal itu mendorong pemerintah untuk memberlakukan kawanan unggas disimpan di dalam ruangan.

Gelombang besar virus musim dingin lalu membuat pihak berwenang memusnahkan lebih dari 3 juta bebek di wilayah pengembangbiakan bebek barat daya yang dikenal sebagai penghasil foie gras pate.

Wabah flu burung ini dapat mendorong negara-negara pengimpor, terutama di Asia, untuk memberlakukan pembatasan perdagangan pada produk unggas.

Mereka juga meningkatkan kekhawatiran di kalangan ahli epidemiologi karena virus dapat ditularkan ke manusia, terutama ketika dunia perlahan pulih dari pandemi COVID-19.

Flu burung diketahui sering disebarkan oleh burung liar yang bermigrasi.

(lir/lir)