International Updates

Pasien COVID-19 Banjiri RS Belanda, Heboh Timah, Merek Whiskey Malaysia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 16:24 WIB
Virus Corona kembali membayangi sejumlah negara di Eropa. Para tenaga kesehatan di Rumania hingga Ukraina pun terus berjibaku merawat pasien COVID-19.
ilustrasi pasien COVID-19 (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Rumah sakit-rumah sakit di Belanda tengah merasakan tekanan dari lonjakan pasien COVID-19. Namun, kepala asosiasi rumah sakit negara itu mengingatkan bahwa yang terburuk masih akan datang.

Jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit Belanda meningkat menjadi sekitar 2.000 orang pada hari Senin (15/11) waktu setempat, termasuk hampir 400 orang dalam perawatan intensif (ICU), yang merupakan level tertinggi sejak Mei.

Dengan hampir 250 pasien baru setiap hari, rumah sakit akan melewati puncak musim dingin lalu yakni sekitar 2.800 pasien COVID-19 dalam waktu kurang dari seminggu. Demikian disampaikan kepala asosiasi rumah sakit Belanda, LNAZ, Ernst Kuipers kepada para anggota parlemen.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (16/11/2021):

- Rusia Uji Coba Rudal Anti-Satelit, Bahayakan Kru Stasiun Luar Angkasa!

Sebuah rudal Rusia yang ditembakkan ke satelitnya sendiri dalam uji coba pada awal pekan ini, memicu puing-puing orbit yang membahayakan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Keberadaan puing itu dinilai bisa memicu bahaya berkelanjutan untuk aktivitas luar angkasa 'beberapa tahun mendatang'.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (16/11/2021), hal tersebut diungkapkan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA dalam pernyataannya.

Disebutkan NASA bahwa tujuh awak ISS, yang terdiri atas empat astronaut AS, seorang astronaut Jerman dan dua kosmonaut Rusia, diinstruksikan untuk berlindung di kapsul pesawat luar angkasa selama dua jam setelah uji coba Rusia sebagai langkah pencegahan untuk pelarian cepat jika diperlukan.

Laboratorium penelitian, yang mengorbit setinggi 402 kilometer dari permukaan Bumi, terus melewati atau berada di dekat kumpulan puing-puing itu setiap 90 menit, namun spesialis NASA menetapkan bahwa aman bagi para kru untuk kembali ke bagian dalam ISS usai lintasan ketiga.

- Kim Jong-Un Muncul di Depan Publik Usai Diisukan Meninggal

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un kembali muncul di depan publik setelah lebih dari sebulan menghilang dari pandangan publik, bahkan sempat diisukan meninggal. Kim muncul untuk memeriksa proyek pembangunan besar di dekat perbatasan dengan China, yang disebutnya melambangkan "kemauan kuat" negaranya untuk mencapai kemakmuran dalam menghadapi isolasi dan tekanan internasional.

Seperti diberitakan Associated Press, Selasa (16/11/2021), kantor berita resmi Korea Utara, KCNA melaporkan bahwa Kim menyatakan kepuasan selama kunjungannya ke kota Samjiyon atas kemajuan konstruksi di daerah yang disebutnya "tempat suci matahari" tersebut.

Samjiyon yang berada di kaki Gunung Paektu, digambarkan oleh narasi resmi sebagai pusat spiritual revolusi negara.

- Awas! Flu Burung Menyebar di Eropa dan Asia

Sejumlah wabah flu burung yang parah di Eropa dan Asia telah dilaporkan dalam beberapa hari terakhir ke Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE). Ini sebagai tanda virus flu burung kembali menyebar dengan cepat.

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, Selasa (16/11/2021), penyebaran flu burung yang sangat patogen, biasa disebut flu burung, telah membuat industri unggas waspada setelah wabah sebelumnya menyebabkan pemusnahan puluhan juta ekor unggas. Wabah ini juga sering menyebabkan pembatasan perdagangan.