WHO Tetapkan Corona B.1.1.529 Varian Mengkhawatirkan, Bernama Omicron

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 03:51 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7
Jeneva -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi nama varian baru virus Corona B.1.1.529 yang berasal dari Afrika Selatan Omicron. Virus tersebut ditetapkan sebagai varian mengkhawatirkan atau variant of concerns (VOC).

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/11/2021), klasifikasi tersebut menempatkan Omicron ke dalam kategori varian COVID-19 yang paling meresahkan. Omicron sama meresahkannya dengan varian Delta yang dominan secara global, ditambah saingannya lainnya yang lebih lemah yakni Alpha, Beta, dan Gamma.

"Berdasarkan bukti yang disajikan yang menunjukkan perubahan yang merugikan dalam epidemiologi COVID-19. WHO telah menetapkan B.1.1.529 sebagai varian kekhawatiran (VOC), bernama Omicron," kata badan kesehatan PBB itu dalam sebuah pernyataan.

WHO memastikan masih perlu beberapa minggu untuk menyelesaikan studi Omicron untuk melihat apakah ada perubahan dalam penularan. Selain itu, WHO juga aka menganalisis tingkat keparahan atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan COVID.

Varian baru Omicron ini pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada Rabu (24/11) yang lalu. Infeksi Omicron yang terkonfirmasi pertama diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November.

WHO menyatakan varian Omicron ini memiliki sejumlah mutasi besar. Beberapa di antaranya bahkan dinilai mengkhawatirkan.

"Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan," kata WHO, menunjuk pada karakteristik yang mengkhawatirkan.

"Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan VOC lainnya," lanjut WHO.

Lihat Video: Varian Baru Covid-19 B.1.1.529 Kini Ditemukan di Israel

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)