Capres Filipina Ferdinand Marcos Jr Jalani Tes Narkoba, Hasilnya?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 16:26 WIB
Ferdinand Marcos Jr atau yang akrab dipanggil Bongbong menunjukan formulir pendaftaran pilpres Filipina di Manila, Rabu (6/10/2021). Ia merupakan putra dari mantan diktator Filipina, Ferdinand Marcos.
Ferdinand Marcos Jr (Foto: Rouelle Umali/Pool Photo via AP)
Jakarta -

Putra mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos mengaku telah menjalani tes kokain setelah Presiden Rodrigo Duterte menuduh seorang kandidat presiden yang tidak disebutkan namanya menggunakan narkoba.

Marcos Jr, yang merupakan salah satu kandidat terdepan yang berusaha untuk menggantikan Duterte pada pemilihan presiden tahun 2022, mengatakan bahwa dia telah dites pada hari Senin (22/11), dan telah menyerahkan hasilnya ke tiga lembaga kepolisian.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (23/11/2021), putra mendiang Marcos itu mengatakan kepada media lokal bahwa hasil tesnya negatif.

"Saya benar-benar tidak merasa bahwa sayalah yang disinggung," kata Marcos Jr, yang akrab dipanggil "Bongbong".

"Meskipun demikian, saya percaya itu adalah tugas saya sebagai calon pejabat publik untuk meyakinkan rekan-rekan Filipina saya bahwa saya menentang obat-obatan terlarang. Inilah sebabnya saya melakukan tes kokain kemarin," ujarnya.

Duterte, yang telah mengobarkan perang mematikan terhadap narkoba yang telah menewaskan ribuan orang, belum mengidentifikasi kandidat yang dia klaim menggunakan kokain.

Kadang-kadang dia menyebut kandidat tersebut dengan menggunakan kata ganti laki-laki.

Lihat juga Video: Presiden Filipina Duterte Daftar Jadi Anggota Senat 2022

[Gambas:Video 20detik]