Round Up

Ngeri Baku Tembak Geng di Penjara Ekuador Tewaskan Puluhan Napi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 20:08 WIB
Jakarta -

Kerusuhan hingga baku tembak antar geng narkoba di penjara Ekuador kembali terjadi. Sedikitnya 68 narapidana tewas dan 25 lainnya mengalami luka-luka.

Baku tembak bermula dari kerusuhan yang terjadi pada Jumat (12/11) sekitar pukul 7 malam waktu setempat. Para tahanan dari sebuah geng mencoba memasuki blok 2 penjara Litoral, lokasi geng Tiguerones, saingannya ditahan pasca pemimpinnya dibebaskan.

Kekerasan tak terhindarkan hingga memicu baku tembak pada Sabtu (13/11) sebelum fajar. Penembakan disebut berlangsung 8 jam lamanya.

"Penembakan berlangsung sekitar delapan jam, kemudian bentrokan baru dilaporkan terjadi di sebagian penjara pada sore hari," kata pejabat terkait.

Penyebab Rusuh-Baku Tembak di Penjara Ekuador

Penyebab kerusuhan hingga baku tembak di penjara Ekuador bermula dari pembebasan ketua geng Tiguerones. Sebuah geng lainnya mencari kesempatan untuk menguasai geng Tiguerones usai kosongnya kekuasaan. Mereka mencoba memasuki blok 2 penjara Litoral, lokasi geng Tiguerones, saingannya.

"Gangguan terbaru dipicu oleh kekosongan kekuasaan menyusul pembebasan seorang pemimpin geng," kata Gubernur Provinsi Guayas, Pablo Arosemena seperti dilansir kantor berita AFP dan Reuters, Minggu (14/11/2021).

"Konteks situasi ini tidak ada pimpinan komplotan yang memiliki blok sel ini karena beberapa hari lalu napi itu dibebaskan," kata Arosemena. "Blok sel lain dengan kelompok lain ingin mengendalikan mereka, masuk ke dalam dan melakukan pembantaian total."

Narapidana dari geng-geng yang bersaing di Ekuador saling bertarung dengan senjata, bahan peledak hingga pisau.