International Updates

Tentara Diperkosa di Istana Presiden Prancis, Putri Duterte Maju Cawapres

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 18:55 WIB
istana elysee
istana kepresidenan Prancis di Paris (Foto: AP)
Jakarta -

Jaksa Prancis saat ini sedang menyelidiki dugaan pemerkosaan seorang tentara wanita oleh sesama tentara di istana kepresidenan di Paris. Sebuah kasus yang dapat membayangi pemerintahan Presiden Emmanuel Macron.

Seperti diberitakan AFP, Sabtu (13/11/2021), dugaan penyerangan itu terjadi setelah resepsi perpisahan seorang jenderal dan dua orang lainnya di Istana Elysee, yang dihadiri Macron pada Juli lalu. Demikian menurut harian Prancis, Liberation, yang pertama kali melaporkan dugaan pemerkosaan itu.

Sumber peradilan mengkonfirmasi kepada AFP bahwa tentara yang dituduh dinyatakan sebagai saksi pembantu setelah diinterogasi oleh jaksa pada 12 Juli. Ini Artinya, tentara tersebut masih menjalani interogasi lebih lanjut tetapi belum didakwa secara resmi.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (13/11/2021):

- Komentarnya Bikin Marah Arab Saudi, Menteri Lebanon Siap Mundur

Menteri Informasi Lebanon George Kordahi mengatakan bahwa dirinya tidak dalam posisi untuk menantang siapa pun setelah komentarnya mengenai perang Yaman membuat marah Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya.

Kordahi juga mengatakan dirinya siap untuk mengundurkan diri dari jabatannya jika ada jaminan bahwa negara-negara Teluk akan mengubah posisi mereka terhadap Lebanon.

"Ketika ada jaminan, saya siap mengundurkan diri dan saya tidak menentang siapa pun, baik perdana menteri maupun Arab Saudi yang saya cintai," kata Kordahi setelah pertemuannya dengan ketua parlemen Lebanon, Nabih Berri seperti diberitakan Anadolu Agency, Sabtu (13/11/2021).

- Mengejutkan! Putri Duterte Calonkan Diri Jadi Wapres Filipina

Putri mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden (wakil) dalam pemilihan Mei 2022 mendatang. Demikian diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Filipina hari Sabtu (13/11) ini.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (13/11/2021), KPU Filipina mengumumkan di halaman Facebook resminya bahwa Sara Duterte akan mencalonkan diri untuk jabatan itu, menggantikan kandidat lain.

Langkah mengejutkan ini diumumkan beberapa hari sebelum batas waktu 15 November bagi para kandidat untuk memasukkan pencalonan dirinya dalam pemilihan umum 2022.

Sebelumnya, Sara Duterte secara luas diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam upaya untuk menggantikan ayahnya. Diketahui bahwa ayahnya, Duterte secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua.

- Pengusaha AS Tewas Kecelakaan Pesawat, Bulan Lalu Terbang ke Luar Angkasa

Pengusaha Amerika Serikat Glen de Vries, yang terbang ke luar angkasa bersama aktor "Star Trek" William Shatner dalam penerbangan Blue Origin bulan lalu, tewas dalam kecelakaan pesawat.

Lihat juga Video: Pengakuan Anak Tersangka Diperkosa Kapolsek, Diimingi Ayahnya Bebas

[Gambas:Video 20detik]