Mengejutkan! Putri Duterte Calonkan Diri Jadi Wapres Filipina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 13:56 WIB
The President of the Philippines Rodrigo Duterte looks on as he signs the guest book next to his daughter (L) on September 3, 2018 during his visit to the Yad Vashem Holocaust Memorial museum in Jerusalem commemorating the six million Jews killed by the German Nazis and their collaborators during World War II. (Photo by GALI TIBBON / AFP)
Presiden Rodrigo Duterte dan putrinya, Sara (Foto: AFP/GALI TIBBON)
Jakarta -

Putri mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden (wakil) dalam pemilihan Mei 2022 mendatang. Demikian diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Filipina hari Sabtu (13/11) ini.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (13/11/2021), KPU Filipina mengumumkan di halaman Facebook resminya bahwa Sara Duterte akan mencalonkan diri untuk jabatan itu, menggantikan kandidat lain.

Langkah mengejutkan ini diumumkan beberapa hari sebelum batas waktu 15 November bagi para kandidat untuk memasukkan pencalonan dirinya dalam pemilihan umum 2022.

Sebelumnya, Sara Duterte secara luas diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam upaya untuk menggantikan ayahnya. Diketahui bahwa ayahnya, Duterte secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua.

Selama berbulan-bulan, Sara Duterte bersikeras mengatakan dirinya ingin kembali melanjutkan masa jabatannya sebagai Wali Kota Davao, meskipun secara konsisten memimpin dalam sejumlah survei preferensi pemilih untuk presiden berikutnya.

Spekulasi tentang rencananya meningkat minggu ini setelah dia tiba-tiba mengundurkan diri dari pemilihan wali kota, keluar dari partai regionalnya dan bergabung dengan partai Lakas-Christian Muslim Democrats, partai politik nasional sekutu dekatnya, mantan presiden Gloria Arroyo.

"Saya berterima kasih kepada pendukung saya. Saya berharap apa pun yang terjadi dalam beberapa hari ke depan, saya akan dapat memberikan apa yang mereka inginkan," katanya kepada wartawan.

Simak Video: Putra Mantan Diktator Filipina Calonkan Diri Jadi Presiden

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)