Pengusaha AS Tewas Kecelakaan Pesawat, Bulan Lalu Terbang ke Luar Angkasa

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 10:01 WIB
glen de vries
Pengusaha AS Glen de Vries tewas dalam kecelakaan pesawat (Foto: AFP PHOTO/Patrick T Fallon/Mario Tama)
Jakarta -

Pengusaha Amerika Serikat Glen de Vries, yang terbang ke luar angkasa bersama aktor "Star Trek" William Shatner dalam penerbangan Blue Origin bulan lalu, tewas dalam kecelakaan pesawat.

Juru bicara kepolisian negara bagian New Jersey mengatakan kepada AFP, pesawat kecil yang dinaiki de Vries jatuh di Hampton Township, New Jersey, sekitar 60 mil (95 kilometer) barat New York City, tak lama sebelum pukul 15:00 pada hari Kamis (11/11) waktu setempat,.

"Ada dua kematian yang dikonfirmasi," kata juru bicara itu, menyebutkan de Vries (49) dan Thomas Fischer yang berusia 54 tahun.

"FAA (Federal Aviation Administration) akan menjadi badan investigasi utama," imbuhnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Seperti diberitakan AFP, Sabtu (13/11/2021), De Vries, pendiri platform penelitian klinis Medidata Solutions, bergabung dengan aktor "Star Trek" William Shatner dalam misi kru kedua Blue Origin pada 13 Oktober.

Juga ikut dalam perjalanan 11 menit yang membawa mereka melampaui atmosfer Bumi dan kembali lagi tersebut adalah eksekutif Blue Origin Audrey Powers dan salah satu pendiri Planet Labs, Chris Boshuizen.

"Kami sangat terpukul mendengar kepergian Glen de Vries yang tiba-tiba," kata Blue Origin dalam sebuah cuitan di Twitter.

"Dia membawa begitu banyak kehidupan dan energi ke seluruh tim Blue Origin dan rekan-rekan krunya. Semangatnya untuk penerbangan, pekerjaan amal, dan dedikasinya pada keahliannya akan terus dihormati dan dikagumi," imbuh Blue Origin.

Lihat juga Video: AS Tak Kunjung Buka Perbatasan, Migran di Meksiko Putus Asa

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)