Belanda Lockdown 3 Minggu Gegara Rekor Kasus Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 09:02 WIB
Belanda melaporkan sekiat 90.047 kasus Corona dengan 2.000 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Pihak berwenang setempat langsung berlakukan jam malam.
ilustrasi (Foto: Getty Images/Pierre Crom)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengumumkan lockdown (penguncian) parsial atau sebagian untuk mengendalikan rekor lonjakan kasus COVID-19 di negara tersebut. Ini merupakan lockdown pertama musim dingin di Eropa Barat.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (13/11/2021), PM Rutte mengumumkan setidaknya tiga minggu pembatasan di restoran, toko, dan acara olahraga.

"Krisis ini membutuhkan pukulan keras selama beberapa minggu karena virus ada di mana-mana, di seluruh negeri, di semua sektor dan segala usia," kata Rutte pada konferensi pers di televisi nasional pada Jumat (12/11) waktu setempat.

"Untungnya, sebagian besar telah divaksinasi, jika tidak, penderitaan di rumah sakit tidak akan terhitung saat ini," imbuhnya.

Dalam aturan lockdown parsial ini, bar, restoran, kafe, dan supermarket harus tutup pada pukul 20:00 selama tiga minggu ke depan mulai Sabtu (13/11) ini, sementara toko-toko yang tidak penting harus tutup pada pukul 18:00.

Orang-orang akan dibatasi untuk hanya bisa menerima empat pengunjung di rumah dan telah disarankan untuk bekerja di rumah kecuali benar-benar diperlukan.

Acara publik akan dibatalkan sementara pertandingan sepak bola termasuk kualifikasi Piala Dunia antara tuan rumah Belanda dengan Norwegia minggu depan harus dimainkan secara tertutup.

Tonton juga Video: Museum Seni dan Desain Boijmans Van Beuningen di Belanda Dibuka

[Gambas:Video 20detik]