Singapura Banjir Bandang, Pemicunya Potongan Rumput Sumbat Saluran

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 16:08 WIB
hujan rintik-rintik di payung
Ilustrasi (dok.Thinkstock)
Singapura -

Singapura dilanda banjir bandang yang dipicu hujan deras pada Selasa (9/11) sore waktu setempat. Pemicu banjir bandang ini dilaporkan timbunan potongan rumput yang menyumbat saluran air setempat.

Seperti dilansir Asia One dan Straits Times, Kamis (11/11/2021), banjir bandang ini menyebabkan genangan di beberapa wilayah Singapura, salah satunya King's Road yang ada di Bukti Timah.

Salah satu video yang beredar secara online dan viral menunjukkan ruas King's Road dipenuhi puing-puing dan tempat sampah yang mengambang. Mobil-mobil yang diparkir di pinggir jalan juga ikut tergenang banjir yang merendam ban mobil itu.

Sebuah video lainnya menunjukkan dua pejalan kaki berusaha menerjang genangan air banjir.

Badan pengelola air nasional, PUB, dalam pernyataannya menyebut bahwa banjir itu dipicu oleh potongan rumput yang menyumbat drainase di sepanjang jalan King's Road dan terusannya di Prince Road.

"Saluran inlet ini dimaksudkan untuk menyalurkan aliran air hujan dari jalanan ke dalam sistem drainase, dan tidak boleh tersumbat. Kami menilai penyumbatan ini menjadi pemicu banjir," sebut juru bicara PUB kepada Stomp.

"Setelah puing-puing di saluran inlet dibersihkan, PUB memeriksa aktivitas terkini di area tersebut dan menyadari bahwa ada pekerjaan pemotongan rumput yang dilakukan pagi hari, pada hari yang sama. Kami menjangkau pihak-pihak terkait untuk menindaklanjuti," imbuhnya.

Saat hujan deras mengguyur pada Selasa (9/11) waktu setempat, PUB juga merilis peringatan banjir di sedikitnya 10 lokasi berbeda.

Lihat juga Video: Covid-19 Menggila, Singapura Alami Krisis Nakes

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)