Kantor Walikota-Polisi di DR Kongo Timur Dibakar, Satu Orang Tewas

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 02:31 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Demonstrasi terjadi di Republik Demokratik Kongo timur. Sejumlah kantor pemerintah dibakar dan satu orang tewas.

"Semua kantor layanan negara dibakar oleh orang-orang di sini di Kirumba. Saya tiba dan menemukan semua kantor terbakar. Ada satu kematian," ujar administrator militer wilayah Lubero di provinsi Kivu Utara, Donat Mandongo, dilansir AFP, Sabtu (6/11/2021).

Beberapa kantor yang dibakar disebut kantor walikota hingga kantor polisi setempat. Dokumen-dokumen administrasi juga disebut ikut habis terbakar.

"Kantor walikota, Badan Intelijen Negara (ANR), Mabes Polri dan beberapa gedung negara lainnya, serta dokumen administrasi telah menjadi abu," kata Gustave Muhindo, presiden pemuda di Wilayah Lubero.

Penduduk pusat komersial telah menggelar demonstrasi minggu ini. Demonstrasi ini disebut sebagai bentuk protes atas kegagalan pemerintah setempat untuk menghentikan penculikan.

"Pengakuan seorang perwira kepada para demonstran bahwa tentara tidak bisa berbuat apa-apa," untuk menghentikan penculikan memicu demonstrasi ini, kata Muhindo.

Beberapa kelompok bersenjata diketahui beroperasi dari Kirumba, sementara Kivu Utara dan provinsi tetangga Ituri berada di bawah "keadaan pengepungan" sejak Mei, dalam upaya untuk meningkatkan serangan militer terhadap pemberontak.

(dwia/dwia)