Misteri Objek Bawah Laut China Selatan Ditabrak Kapal AS Terpecahkan

ADVERTISEMENT

Round-Up

Misteri Objek Bawah Laut China Selatan Ditabrak Kapal AS Terpecahkan

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 23:14 WIB
Laut China Selatan: Kapal selam nuklir AS tabrak benda tak dikenal, mengapa lautan ini begitu kontroversial?
Kapal selam nuklir AS tabrak 'benda tak dikenal' (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kapal selam nuklir Amerika Serikat (AS) USS Connecticut menabrak objek saat belayar di kawasan Laut China Selatan. Kini Objek misterius ini diketahui.

Penyelidikan telah mengungkapkan objek misterius di bawah laut yang ditabrak oleh kapal selam bertenaga nuklir milik AS di LCS pada Oktober lalu. Akibat insiden ini, kapal selam AS terpaksa berlayar ke Guam untuk menjalani perbaikan.

Seperti dilansir CNN, Selasa (2/11/2021), kapal selam AS yang bernama USS Connecticut itu tengah beroperasi di perairan yang menjadi sengketa ketika tiba-tiba menabrak sebuah objek misterius di dalam laut pada 2 Oktober lalu. Saat itu masih belum jelas objek apa yang ditabrak kapal selam AS ini.

Namun, hasil penyelidikan yang dirilis baru-baru ini menyebut bahwa objek misterius itu ternyata gunung bawah laut. Gunung bawah laut itu disebut belum dipetakan sebelumnya.

"Penyelidikan menetapkan bahwa USS CONNECTICUT menabrak sebuah gunung bawah laut yang belum dipetakan saat beroperasi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik," sebut juru bicara Armada ke-7 AS, yang beroperasi di perairan Pasifik Barat dan Hindia, dalam pernyataan kepada CNN.

Pada Kamis (7/10) waktu setempat, menurut laporan Navy Times, USS Connecticut telah tiba dengan selamat di pangkalan militer AS di Guam.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT