Round-Up

Nyaris Melayang Rp 39 M Gegara Berlian Hampir Terbuang

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 20:37 WIB
Berlian senilai Rp39 miliar, dibeli di pasar loak dan hampir dibuang, ditemukan saat bersih-bersih rumah
Ilustrasi berlian (BBC Magazine)
Jakarta -

Rezeki nomplok, kata itu yang pantas disampaikan untuk seorang perempuan Inggris berusia 70 tahun. Sebab, secara tidak sengaja dia menemukan berlian yang nilainya Pound 2 juta atau Rp 39 miliar.

Dilansir BBC, Sabtu (30/10/2021), si penemu berlian itu mengira permata itu murahan. Namun, ternyata setelah dicek itu adalah berlian asli 34 karat.

Dia menemukan berlian itu ketika sedang membersihkan rumahnya di Northumberland, Inggris. Juru lelang, Mark Lane mengatakan berlian itu adalah kejutan besar.

Ukuran berlian itu lebih besar dari koin satu poundsterling. Berlian akan dilelang bulan depan.

Lane mengatakan si penemu berlian itu ketika datang membawa sekantong perhiasan. Pertemuan keduanya juga hanya kebetulan.

Berlian itu ada di dalam kotak disimpan dengan cincin kawinnya dan sejumlah barang perhiasan murahan lain.

"Kami melihat batu yang cukup besar, lebih besar dari koin satu poundsterling, dan saya pikir itu adalah zirkon CZ [cubic zirconia, berlian imitasi sintetis]. Berlian itu saya simpan di meja selama dua atau tiga hari sampai saya mengeceknya dengan mesin penguji berlian," katanya.

"Kami kemudian mengirimkannya ke mitra kami di London sebelum disertifikasi oleh para pakar di Antwerpen, Belgia, yang mengonfirmasi bahwa itu adalah 34 karat," imbuhnya.