Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Mati Kru, Akan Ada yang Dituntut?

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 14:11 WIB
Alec Baldwin speaks on the phone in the parking lot outside the Santa Fe County Sheriffs Office in Santa Fe, N.M., after he was questioned about a shooting on the set of the film
Momen saat Alec Baldwin berbicara via telepon di area parkir kantor Sheriff Sante Fe usai diinterogasi soal insiden penembakan tak disengaja di lokasi syuting film 'Rust' (Jim Weber/Santa Fe New Mexican via AP)
Washington DC -

Situasi yang melingkupi insiden penembakan tak disengaja oleh aktor kawakan Amerika Serikat (AS), Alec Baldwin, di lokasi syuting film 'Rust' mulai terkuak. Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah siapa, jika memang ada, yang sebenarnya bertanggung jawab atas kematian sinematografer, Halyna Hutchins?

Pernyataan lain yang muncul adalah: Apakah insiden ini akan berujung pada dakwaan pidana atau gugatan hukum?

Seperti dilansir AFP, Rabu (27/10/2021), sejauh ini belum ada satupun penangkapan yang dilakukan, tapi para jaksa AS belum mengesampingkan dakwaan kriminal terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam insiden yang terjadi di Santa Fe, New Mexico, pada Kamis (21/10) pekan lalu.

Sejumlah pakar hukum menuturkan kepada AFP bahwa secara teori, para jaksa bisa melakukan dua cara untuk mendakwa Baldwin, yakni sebagai aktor yang menarik pelatuk pistol properti saat latihan adegan atau sebagai produser dari film tersebut.

Sementara banyak fakta soal insiden itu belum ditetapkan, semuanya sepakat bahwa Baldwin kecil kemungkinan akan dimintai pertanggungjawaban secara pidana karena menembakkan pistol properti tersebut.

Baldwin menerima pistol properti itu dari asisten sutradara Dave Hall, yang meneriakkan di lokasi syuting bahwa pistol properti itu aman, dengan menggunakan bahasa industri perfilman 'cold gun'.

"Dia tampaknya sangat percaya bahwa ini bukan senjata yang berisi peluru," ucap profesor hukum Universitas California Selatan, Gregory Keating.