Alec Baldwin Tembak Mati Kru, Penyelidikan Fokus ke Asisten Sutradara

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 12:43 WIB
Alec Baldwin speaks on the phone in the parking lot outside the Santa Fe County Sheriffs Office in Santa Fe, N.M., after he was questioned about a shooting on the set of the film
Momen saat Alec Baldwin berbicara via telepon di area parkir kantor Sheriff Sante Fe usai diinterogasi soal insiden penembakan tak disengaja di lokasi syuting film 'Rust' (Jim Weber/Santa Fe New Mexican via AP)
Washington DC -

Otoritas Amerika Serikat (AS) terus menyelidiki insiden penembakan tak disengaja oleh aktor terkemuka, Alec Baldwin, di lokasi syuting filmnya yang menewaskan seorang kru. Penyelidikan fokus pada pakar senjata api dan asisten sutradara yang bertugas mempersiapkan dan menyerahkan pistol properti kepada Baldwin.

Hasil penyelidikan awal kepolisian menyebut bahwa pistol properti yang ditembakkan Baldwin di lokasi syuting film 'Rust' di Sante Fe, New Mexico, AS pada Kamis (21/10) lalu ternyata berisi peluru tajam. Pistol properti itu diketahui diberikan kepada Baldwin oleh asisten sutradara yang bernama Dave Halls, yang sebelum menyatakan pistol properti itu berstatus 'cold gun' atau tidak berisi peluru tajam.

Dalam dokumen kantor Sheriff Sante Fe disebutkan bahwa pistol properti itu dipersiapkan oleh seorang pakar senjata api, Hannah Gutierrez, yang bekerja untuk syuting film tersebut.

Akibat insiden ini, seorang sinematografer bernama Halyna Hutchins, meninggal dunia setelah terkena tembakan di bagian dada. Tembakan tidak sengaja itu juga mengenai sutradara film yang bernama Joel Souza, yang berdiri di belakang Hutchins. Souza yang terkena tembakan di bagian bahu sempat dirawat di rumah sakit setempat, namun telah diperbolehkan pulang.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/10/2021), Gutierrez dan Halls kini menjadi fokus penyelidikan otoritas setempat terkait insiden tersebut.

Gutierrez yang baru berusia 24 tahun, diketahui bekerja sebagai armorer atau, pakar yang bertanggung jawab atas senjata api di lokasi syuting. Dokumen kantor Sheriff Santa Fe menyebutkan bahwa Gutierrez mempersiapkan tiga senjata api properti di atas keranjang atau troli yang ditempatkan di luar bangunan kayu yang menjadi lokasi syuting salah satu adegan film berjudul 'Rust' tersebut.

Setelah insiden terjadi, Gutierrez menerima kembali pistol properti itu dan melepaskan selongsongnya sebelum menyerahkannya kepada polisi yang tiba di lokasi. Gutierrez belum memberikan komentarnya kepada media hingga Minggu (24/10) waktu setempat.

Simak video 'Rekaman 911 Usai Tragedi Syuting 'Berdarah' Alec Baldwin':

[Gambas:Video 20detik]