Bos Gembong Narkoba Paling Dicari di Kolombia Ditangkap!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 12:06 WIB
Jakarta -

Seorang pimpinan gembong narkoba yang paling dicari di Kolombia berhasil ditangkap. Dairo Antonio Usuga atau yang dikenal dengan Otoniel ditangkap setelah bertahun-tahun kabur dari proses hukum yang menjeratnya.

Otoniel diketahui memimpin geng penyelundupan narkoba terbesar di Kolombia, yang dikenal dengan sebutan Klan Teluk. Otoniel ditangkap di dekat salah satu markasnya daerah Necocli, Kolombia, dekat perbatasan dengan Panama.

Gambar-gambar yang dirilis pemerintah Kolombia menunjukkan kondisi Otoniel yang diborgol dan dikelilingi oleh tentara saat penangkapan terjadi.

"Ini adalah pukulan telak bagi perdagangan narkoba di negara kita pada abad ini," kata Presiden Kolombia, Ivan Duque dalam sebuah pesan seperti dilansir AFP, Minggu (24/10/2021).

Ivan Duque menambahkan bahwa penangkapan itu "sebanding dengan jatuhnya Pablo Escobar," gembong penyelundupan narkoba Kolombia yang terkenal.

Untuk menangkap buronan berusia 50 tahun itu, dikerahkan sekitar 500 tentara yang didukung oleh 22 helikopter di Necocli. Dalam operasi penangkapan tersebut, 1 petugas kepolisian Kolombia tewas.

Kepala polisi Kolombia Jorge Vargas mengatakan selama konferensi pers bahwa pihak berwenang melakukan "operasi satelit penting dengan badan-badan Amerika Serikat dan Inggris."

Menurut polisi, Otoniel bersembunyi di hutan di wilayah Uraba, tempat asalnya, dan tidak menggunakan telepon hingga mengandalkan kurir untuk berkomunikasi.

"Takut pada pihak berwenang, dia tidur di sana di tengah hujan, tidak pernah mendekati daerah berpenghuni," ungkap Vargas.