ISIS Mengklaim Atas Ledakan di Masjid Kabul yang Tewaskan 5 Orang

ADVERTISEMENT

ISIS Mengklaim Atas Ledakan di Masjid Kabul yang Tewaskan 5 Orang

Mutia Safira - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 10:25 WIB
Taliban fighters walk at the entrance of the Eidgah Mosque after an explosion in Kabul, Afghanistan, Sunday, Oct. 3, 2021. A bomb exploded in the entrance of the mosque in the Afghan capital on Sunday leaving a
petempur Taliban berjaga di masjid Kabul usai ledakan (Foto: AP Photo/Felipe Dana)
Jakarta -

Kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan mematikan di dekat masjid Kabul, Afghanistan. Klaim ini disampaikan beberapa jam setelah Taliban menyatakan telah menghancurkan sebuah sel tidur ISIS di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (5/10/2021), melalui sayap propagandanya, Amaq, kelompok ISIS menyatakan bahwa ledakan pada hari Minggu (3/10) yang setidaknya menewaskan lima orang itu, dilakukan oleh seorang pengebom bunuh diri ISIS.

Sebelum pernyataan tersebut dikeluarkan ISIS, juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid menyampaikan pada AFP bahwa informasi awal menunjukkan adanya keterlibatan ISIS dalam ledakan tersebut.

Mujahid menambahkan bahwa para petempur Taliban melakukan operasi dengan menargetkan sel ISIS di utara Kabul pada Minggu (3/10) sore waktu setempat.

"Pusat ISIS telah dihancurkan dan semua anggota ISIS di dalamnya tewas," ujar Mujahid dalam postingan di Twitter.

Saksi dan jurnalis AFP mendengar ledakan dan tembakan senjata di Kabul pada saat penggerebekan yang dilakukan Taliban. Foto-foto yang diunggah di media sosial menunjukkan sebuah ledakan yang besar.

Penduduk Kabul dan pegawai pemerintahan bernama Abdul Rahaman mengatakan pada AFP bahwa "sejumlah besar" pasukan khusus Taliban telah menyerang setidaknya tiga rumah di lingkungan sekitarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT