Taliban Gempur Habis ISIS Usai Serangan di Masjid Kabul

ADVERTISEMENT

Taliban Gempur Habis ISIS Usai Serangan di Masjid Kabul

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 13:17 WIB
Taliban akan kembali berlakukan hukuman potong tangan untuk pencuri. Meski dikritik publik, Taliban pastikan hukuman itu akan diterapkan lagi di Afghanistan.
kelompok Taliban (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Kelompok Taliban mengklaim telah menghancurkan sebuah sel kelompok ISIS di Kabul, ibu kota Afghanistan, beberapa jam setelah serangan terhadap sebuah masjid yang menewaskan lima orang. Serangan itu diduga dilakukan kelompok ISIS.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (4/10/2021), juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan para petempur Taliban melakukan operasi di utara Kabul pada Minggu (3/10) malam waktu setempat.

"Akibat operasi, yang sangat menentukan dan sukses tersebut, pusat ISIS hancur total dan semua anggota ISIS di dalamnya tewas," kata Mujahid di Twitter.

Para saksi mata dan wartawan AFP mendengar ledakan dan tembakan di ibu kota pada saat operasi Taliban digelar. Foto-foto yang diposting ke media sosial menunjukkan ledakan besar dan api di tempat kejadian.

Penduduk Kabul dan pegawai pemerintah Abdul Rahaman mengatakan kepada AFP bahwa "sejumlah besar" pasukan khusus Taliban menyerang setidaknya tiga rumah di lingkungannya.

"Pertempuran berlanjut selama beberapa jam," katanya, seraya menambahkan bahwa suara senjata membuatnya tetap terjaga sepanjang malam.

"Mereka mengatakan mereka mengejar petempur Daesh (ISIS) di daerah itu," kata Rahman.

"Saya tidak tahu berapa banyak yang terbunuh atau ditangkap, tetapi pertempuran itu sengit," imbuhnya.

Simak juga 'Masjid di Afghanistan Jadi Sasaran Bom, Sejumlah Warga Tewas':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT