Terungkap, 3.000 Pedofil Beroperasi dalam Gereja Prancis!

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 11:40 WIB
Pastor Koptik dibunuh di Mesir, umat Kristen berduka
Ilustrasi (dok. BBC)
Paris -

Hasil penyelidikan komisi independen mengungkapkan bahwa sekitar 3.000 pedofil beroperasi di dalam Gereja Katolik Prancis sejak tahun 1950 silam. Hal ini terungkap beberapa hari sebelum laporannya dirilis secara resmi ke publik.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/10/2021), kepala komisi independen yang menyelidiki skandal ini, Jean-Marc Sauve, menyebutkan bahwa penelitian komisi independen itu mengungkap antara 2.900 hingga 3.200 pastur pedofil atau anggota gereja lainnya yang pedofil. Disebutkan Sauve bahwa jumlah itu merupakan 'perkiraan minimum'.

Laporan komisi independen ini dijadwalkan akan dirilis secara resmi pada Selasa (5/10) waktu setempat, setelah penelitian dilakukan selama 2,5 tahun terakhir dengan mendasarkan pada arsip gereja, pengadilan dan kepolisian, juga pada wawancara para saksi.

Sauve yang merupakan pegawai sipil senior Prancis menyebut bahwa laporan setebal 2.500 halaman itu berupaya menghitung jumlah pelaku dan korban.

Laporan ini juga melihat ke dalam 'mekanisme, terutama kelembagaan dan budaya' yang ada di dalam Gereja Katolik Prancis yang memungkinkan para pedofil tetap tinggal, dan akan menawarkan 45 proposal.

Komisi independen ini dibentuk tahun 2018 oleh Konferensi Uskup Prancis (CEF) dan Konferensi Kongregasi Nasional (CORREF) dalam merespons sejumlah skandal yang mengguncang Gereja Katolik Prancis dan dunia.

Pembentukan komisi itu juga dilakukan setelah Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik sedunia, menetapkan langkah penting yang mewajibkan siapa saja yang mengetahui adanya pelecehan seksual dalam tubuh Gereja Katolik untuk melapor ke atasan masing-masing.

Tonton juga Video: Langkah WHO Usai Stafnya Dilaporkan Lakukan Pelecehan di Kongo

[Gambas:Video 20detik]