Tokoh Rohingya Mohib Ullah Ditembak Mati di Kamp Bangladesh

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 02:03 WIB
The dead womans body. Focus on hand
Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem_Furman
Bangladesh -

Salah satu pemimpin komunitas muslim Rohingya di kamp Banglades, Mohib Ullah, meninggal dunia. Dia ditembak oleh orang tak dikenal.

Dilansir dari AFP, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (29/9) pukul 20.00 WIB di sebuah kamp pengungsi di distrik resor Cox's Bazar, Bangladesh. Ullah sedang berbicara dengan para pemimpin pengungsi lainnya di luar kantornya setelah salat.

Mohammad Nowkhim, juru bicara Masyarakat Arakan Rohingya Ullah untuk Perdamaian dan Hak Asasi Manusia (ARPSH), mengatakan, penyerang datang ke tempat itu dan menembak setidaknya tiga kali. "Dia ditembak mati dari jarak dekat," katanya dari tempat persembunyian.

Usai kejadian tersebut, pemimpin Rohingya langsung bersembunyi.

Pemerintah Bangladesh belum mengkonfirmasi masalah tersebut. Namun, seorang kepala keamanan kamp mengaku bahwa dia mendengar suara tembakan.

"Mohib Ullah ditembak beberapa kali dan dia dibawa ke rumah sakit MSF. Kami mendengar bahwa dia sudah meninggal karena luka-lukanya. Tapi kami belum bisa memastikannya," Naimul Haque, komandan Batalyon Polisi Bersenjata Bangladesh, yang bertanggung jawab keamanan di kamp-kamp itu, kepada AFP.

Ullah kemungkinan berusia 50 tahun. Dia muncul sebagai pemimpin sipil utama dari komunitas muslim Rohingya.

Lebih dari 740.000 orang komunitas Rohingya berlindung di kamp-kamp Bangladesh. Mereka meninggalkan desa mereka di Provinsi Rakhine, Myanmar pada 2017 setelah militer menyerang mereka.

(aik/aik)