Round-Up

Bomber AS Nyaris Disergap Sukhoi Rusia di Udara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 05:30 WIB
Pesawat pengebom strategis B-52H milik Amerika Serikat (AS) terdeteksi mendekati wilayah udara Rusia. Pesawat pengebom B-52H termasuk pesawat yang bisa melakukan beragam misi.
Foto: B-52H milik AS (Dok. US Air Force)
Washington -

Sebuah pesawat pengebom Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) nyaris disergap pesawat Sukhoi milik Rusia. Pasalnya, pesawat pengebom itu sempat mendekati wilayah udara Rusia di atas Samudra Pasifik pada Minggu (26/9) waktu setempat.

Sejumlah jet tempur Rusia pun dikerahkan untuk mengawal pesawat AS itu menjauhi wilayah udaranya. Seperti dilansir CNN, Senin (27/9/2021), kantor berita Rusia, TASS, dalam laporannya yang mengutip Pusat Komando Pertahanan Nasional Rusia menyebut tidak ada pelanggaran perbatasan Rusia dalam insiden itu.

"Tiga jet tempur Sukhoi-35S milik Rusia dikerahkan untuk mengawal sebuah pesawat pengebom strategis B-52H milik AS, yang mendekati wilayah udara Rusia," demikian laporan kantor berita TASS.

"Awak-awak jet tempur mengidentifikasi target sebagai pesawat pengebom strategis B-52H milik Angkatan Udara AS dan mengawalnya melintasi Samudra Pasifik," imbuh laporan tersebut.

"Tidak ada pelanggaran terhadap perbatasan negara Rusia atau kedekatan berbahaya antara pesawat-pesawat itu di udara," tegas TASS dalam laporannya.

Menurut laporan TASS, jet-jet tempur Sukhoi-35S milik Rusia 'secara ketat mematuhi' aturan internasional dan kembali ke pangkalan setelah pesawat militer AS menjauhi perbatasan Rusia.

Pentagon atau Departemen Pertahanan AS belum mengomentari insiden ini.

Simak juga '15 Negara Terlibat Latihan Perang Bersama Ukraina & AS':

[Gambas:Video 20detik]