Round-Up

Puluhan Pesawat Militer Jadi Bentuk Kemarahan China ke Taiwan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 20:06 WIB
Mengapa China gelar latihan militer pesawat tempur di dekat Taiwan pada awal masa jabatan Joe Biden
Ilustrasi Pesawat Militer China (Foto: BBC World)

Taiwan lancarkan diplomasi perdagangan

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, bertekad meningkatkan kerja sama perdagangan globalnya dengan sejumlah perjanjian bilateral dan perundingan diplomasi dengan berbagai negara. Taiwan terutama ingin melepaskan diri dari cengkeraman China, yang selalu berusaha memblokir perjanjian Taiwan dengan negara lain.

"Taiwan harus berintegrasi ke dalam ekonomi regional," kata juru bicara pemerintah Taiwan Lo Ping-cheng. Sedangkan, negosiator perdagangan utama Taipei John Deng menegaskan: "Kami memiliki dasar demokrasi dan supremasi hukum, jadi semua peraturan kami transparan, dan kami menghormati hak kepemilikan pribadi."

Sejak 2016, Cina terus menegaskan klaimnya atas Taiwan dan meningkatkan tekanan ekonomi, militer, dan diplomatik. Namun langkah itu justru menimbulkan dukungan lebih besar terhadap Taiwan, sekalipun hanya sedikit negara yang membuka hubungan resmi dengan Taiwan, karena takut tekanan dari Cina. Juga Indonesia hingga kini tidak mengakui secara resmi kedaulatan Taiwan, karena ingin menjaga hubungan baik dengan Cina.


(dwia/lir)