International Updates

Gempa Picu Kepanikan di Melbourne, Taliban Ingin Bicara di Sidang Umum PBB

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 18:32 WIB
Gempa mengguncang kawasan Melbourne, Australia, pagi ini. Tak sedikit bangunan di area perbelanjaan kawasan tersebut rusak hingga tak beroperasi.
gempa langka mengguncang Melbourne (Foto: AP Photo/James Ross)

"Kita harus mengupayakan masa depan yang lebih besar untuk perdamaian dan keamanan bagi semua rakyat di Timur Tengah," ucap Biden.

"Komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel tidak perlu dipertanyakan dan dukungan kami untuk sebuah negara Yahudi independen tidak diragukan lagi," imbuhnya.

- Taliban Kirim Surat Minta Berbicara di Sidang Umum PBB

Menteri Luar Negeri (Menlu) Taliban telah meminta untuk berbicara di depan para pemimpin dunia dalam Sidang Umum PBB minggu ini di New York.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (22/9/2021), juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan bahwa Duta Besar pemerintah Afghanistan yang digulingkan oleh Taliban bulan lalu, juga telah meminta untuk berpidato di depan Majelis Umum PBB tersebut. Saat ini PBB belum memutuskan siapa yang akan mewakili negara itu di badan dunia tersebut.

Kepada AFP, Dujarric mengatakan bahwa sebuah komite kredensial yang beranggotakan sembilan negara, kini akan memutuskan mengenai kedua permintaan tersebut.

Dujarric mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menerima surat dari Amir Khan Muttaqi yang ditunjuk Taliban, "meminta untuk berpartisipasi" dalam pertemuan tingkat tinggi itu.

- Gempa Langka M 6 Guncang Australia, Picu Kepanikan di Melbourne

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6 mengguncang wilayah dekat Melbourne, Australia. Gempa besar yang tergolong langka ini mengguncang gedung-gedung setempat hingga menyebabkan kerusakan dan memicu kepanikan warga di Melbourne.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (22/9/2021), pusat gempa bumi ini dilaporkan berada di dekat kota pinggiran Mansfield, Victoria, yang berjarak 200 kilometer sebelah timur laut Melbourne. Gempa bumi ini disebut berpusat di kedalaman 10 kilometer dari permukaan bumi.

Gempa dangkal ini dilaporkan terjadi sesaat setelah pukul 09.00 waktu setempat dan getarannya dirasakan hingga ke lokasi berjarak ratusan kilometer.

Foto-foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan reruntuhan gedung yang rusak akibat gempa berserakan dan memblokir salah satu ruas jalanan utama Melbourne. Area perbelanjaan ternama di sekitar Chapel Street, Melbourne, dipenuhi puing-puing setelah batu bata terlepas dari gedung dan berserakan.


(ita/ita)