Joe Biden Bicara Kemerdekaan Palestina di Sidang Umum PBB

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 10:18 WIB
President Joe Biden delivers remarks to the 76th Session of the United Nations General Assembly, Tuesday, Sept. 21, 2021, in New York. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS Joe Biden saat berpidato dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-76 (AP Photo/Evan Vucci)
New York -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, berbicara soal kemerdekaan Palestina dalam forum Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Biden menegaskan bahwa negara Palestina yang berdaulat dan demokratis menjadi 'cara terbaik' untuk memastikan masa depan Israel.

Seperti dilansir Arab News dan AFP, Rabu (22/9/2021), hal tersebut disampaikan Biden pada hari pembukaan Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, pada Selasa (21/9) waktu setempat.

"Kita harus mengupayakan masa depan yang lebih besar untuk perdamaian dan keamanan bagi semua rakyat di Timur Tengah," ucap Biden.

"Komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Israel tidak perlu dipertanyakan dan dukungan kami untuk sebuah negara Yahudi independen tidak diragukan lagi," imbuhnya.

"Tapi saya terus meyakini bahwa solusi dua negara menjadi cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara demokratis Yahudi, hidup dalam damai berdampingan dengan negara Palestina yang bersemangat, berdaulat dan demokratis," cetus Biden dalam pidatonya.

"Kita masih jauh dari tujuan itu pada saat ini tapi kita seharusnya tidak pernah membiarkan diri kita menyerah pada kemungkinan kemajuan,"

Dalam pidatonya, Biden juga menyebut dunia tengah menghadapi 'dekade yang menentukan'. Dia menyerukan semua pemimpin dunia untuk bekerja bersama dalam memerangi pandemi virus Corona (COVID-19) yang merajalela, perubahan iklim global dan ancaman siber.

Biden juga mengumumkan bahwa AS akan menggandakan komitmen finansialnya untuk bantuan iklim dan mengucurkan US$ 10 miliar untuk memerangi kelaparan di berbagai belahan dunia.

Simak juga 'Biden Tak Ingin Cari Perang Dingin Baru, Singgung China?':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)