Biden Bela Jenderal AS yang Diam-diam Telepon China Usai Trump Kalah Pilpres

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 09:38 WIB
President Joe Biden speaks about the end of the war in Afghanistan from the State Dining Room of the White House, Tuesday, Aug. 31, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (dok. AP Photo/Evan Vucci)

Kantor Milley dalam tanggapannya menegaskan bahwa panggilan yang dilakukan sang Jenderal AS dalam kapasitasnya sebagai Kepala Staf Gabungan pada saat itu telah dikoordinasikan dengan Pentagon dan seluruh jajaran pemerintah AS.

"Panggilannya dengan China dan yang lain pada Oktober dan Januari sesuai dengan tugas-tugas dan tanggung jawab dalam memberikan jaminan demi menjaga stabilitas strategis," tegas juru bicara Milley, Kolonel Dave Butler, dalam pernyataannya.

"Semua panggilan dari Kepala (Staf Gabungan) kepada mitra-mitranya, termasuk yang dilaporkan itu, telah dikelola, dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan Departemen Pertahanan dan antarlembaga. Jenderal Milley terus bertindak dan memberikan saran dalam wewenangnya sesuai tradisi yang sah untuk kendali sipil atas militer dan sumpahnya pada Konstitusi," imbuhnya.

Buku yang ditulis Woodward dan Costa itu juga menyebut bahwa setelah pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol pada Januari 2021, Milley memberitahu para stafnya bahwa jika Trump yang 'tak terkendali' memerintahkan serangan nuklir, dirinya harus diberitahu terlebih dulu sebelum perintah itu dilaksanakan.

Hal tersebut, menurut Butler, juga merupakan prosedur normal.

Secara terpisah, Pentagon juga menyatakan dukungan yang kuat untuk Milley. "Menteri memiliki kepercayaan dan keyakinan sepenuhnya pada Jenderal Milley dan dalam perannya sebagai Kepala Staf Gabungan," sebut juru bicara Pentagon, John Kirby, kepada wartawan setempat.

Trump dalam tanggapannya menuduh Milley melakukan 'pengkhianatan' dan menyebut penggambaran dirinya mungkin menyerang China secara sepihak 'sungguh konyol'.

Tonton juga video inspiratif tentang peluang bisnis action figure di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)