3 Tentara Ukraina Tewas dalam Bentrok Separatis, 10 Lainya Luka-luka

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 01:21 WIB
Ukraine has been battling pro-Russian separatists in the eastern Donetsk and Lugansk regions since 2014 Anatolii STEPANOV AFP/File
Ilustrasi (Anatolii STEPANOV/AFP/File)
Kiev -

Tiga tentara Ukraina tewas di bagian timur negara itu yang dilanda perang saat bentrokan kembali terjadi dengan kelompok separatis. 10 tentara Ukraina lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir AFP, Senin (13/9/2021), militer Ukraina mengatakan selama 24 jam terakhir separatis pro-Rusia menembaki tentara Ukraina menggunakan artileri kaliber besar, peluncur granat, dan drone.

Militer Ukraina mengatakan dua orang tewas pada Sabtu (11/9), bersama dengan 10 lainnya terluka, sementara yang ketiga meninggal pada Minggu (12/9).

Sebagian besar serangan terjadi di wilayah Donetsk. "Tidak ada korban di antara penduduk setempat," kata militer Ukraina dalam pernyataan sebelumnya.

Tentara Ukraina terkunci dalam konflik dengan pejuang yang memisahkan diri di wilayah Donetsk dan Lugansk yang meletus setelah Rusia mencaplok semenanjung Krimea pada tahun 2014.

Kiev mengatakan sedikitnya 53 tentara Ukraina telah tewas sejak awal tahun, dibandingkan dengan total 50 tahun sebelumnya. Separatis mengatakan mereka telah kehilangan lebih dari 30 tentara sejak awal tahun.

Ukraina dan sekutu baratnya menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata untuk mendukung separatis, yang dibantah Moskow.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga '2 Tentara Ukraina Tewas di Wilayah Rawan Konflik':

[Gambas:Video 20detik]