Atas Perintah Putin, Rusia Evakuasi Warganya dari Afghanistan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 15:54 WIB
Proses evakuasi warga Afghanistan terus dilakukan usai Taliban berkuasa di Kabul. Ratusan warga Afghanistan pun dievakuasi ke luar negeri, salah satunya Spanyol
ilustrasi warga meninggalkan Afghanistan (Foto: Getty Images/Pablo Blazquez Dominguez)
Jakarta -

Angkatan Bersenjata Rusia mulai mengevakuasi lebih dari 500 warga Rusia dan warga beberapa negara bekas Uni Soviet dari Afghanistan pada Rabu (25/8) ini.

Evakuasi tersebut adalah yang pertama diumumkan oleh Rusia, yang telah mengambil pandangan optimistis yang hati-hati terhadap kepemimpinan baru Taliban di Kabul.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (25/8/2021), Moskow menyatakan telah mengirim empat pesawat angkut militer untuk menerbangkan lebih dari 500 warga Rusia, Belarusia, Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan, militer Rusia menyatakan bahwa evakuasi dilakukan atas perintah Presiden Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Disebutkan bahwa dalam setiap pesawat dilengkapi dengan air minum, makanan dan selimut untuk para pengungsi.

Sementara Belarusia, Kirgistan, Tajikistan dan Uzbekistan adalah anggota blok keamanan yang dipimpin Moskow, Ukraina dan Rusia memiliki hubungan yang tegang sejak Moskow pada 2014 mencaplok Krimea dan separatis pro-Rusia memisahkan diri di Ukraina timur.

Tidak seperti negara-negara Barat, Rusia belum mengevakuasi kedutaan besarnya di Kabul, setelah mendapatkan jaminan perlindungan kedutaan dari Taliban.

Lihat juga Video: Turki Evakuasi 1.061 Warganya dari Afghanistan

[Gambas:Video 20detik]