Baru Setahun Menjabat, PM Jepang Akan Mengundurkan Diri Bulan Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 11:04 WIB
Resmi Menjadi Perdana Menteri Baru Jepang, Siapakah Yoshihide Suga?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai pemimpin partai bulan ini, yang secara efektif mengakhiri masa jabatannya sebagai PM setelah baru satu tahun menjabat.

Suga mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada pertemuan darurat anggota senior Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa. Demikian disampaikan Sekjen LDP, Toshihiro Nikai kepada para wartawan seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (3/9/2021).

"Hari ini di rapat eksekutif, presiden (partai) Suga mengatakan dia ingin memfokuskan upayanya pada langkah-langkah anti-virus Corona dan tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan kepemimpinan," kata Nikai.

"Jujur, saya terkejut. Ini benar-benar disesalkan. Dia melakukan yang terbaik tetapi setelah mempertimbangkan dengan cermat, dia membuat keputusan ini," imbuhnya.

Pengumuman mengejutkan ini muncul dengan rating dukungan publik terhadap kepemimpinan Suga berada pada titik terendah sepanjang masa atas penanganan pemerintahnya terhadap pandemi COVID-19.

Suga mulai menjabat tahun lalu, ketika mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Semula Suga secara luas diperkirakan akan mencalonkan diri kembali sebagai pemimpin LDP dalam pemilihan yang ditetapkan pada 29 September mendatang.

Lihat juga video 'Jubir PM Jepang Mundur Usai Hadiri Jamuan Makan Malam Mewah':

[Gambas:Video 20detik]