Corona Melonjak, Pemerintah Jepang Didesak Tetapkan Darurat Nasional

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 18:02 WIB
Gelaran Olimpiade Tokyo 2020 terus bergulir meski berada di tengah pandemi, penasaran dengan aturan pencegahan COVID yang dilakukan Jepang? Begini gambarannya.
Ilustrasi (dok. AP Photo)
Tokyo -

Asosiasi Medis Jepang (JMA) mendesak pemerintah untuk menetapkan keadaan darurat nasional demi mengatasi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) di ibu kota Tokyo yang tengah menjadi tuan rumah Olimpiade 2021 dan sejumlah wilayah lainnya.

Desakan ini disampaikan saat kekhawatiran berkembang soal sistem layanan kesehatan yang genting di tengah Corona.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (3/8/2021), desakan itu disampaikan oleh Presiden JMA Toshio Nakagawa setelah Perdana Menteri (PM) Yoshihide Suga mengumumkan bahwa hanya pasien Corona yang sakit parah dan berisiko yang dirawat inap di rumah sakit, sedangkan yang lain diisolasi di rumah.

Pengumuman itu menunjukkan pergeseran kebijakan yang dikhawatirkan sejumlah pihak bisa menaikkan angka kematian akibat Corona.

Dalam pengumumannya, PM Suga menyatakan bahwa pemerintah memastikan orang-orang yang menjalani isolasi mandiri di rumah bisa dirawat di rumah sakit jika diperlukan. Kebijakan sebelumnya fokus dalam merawat inap kelompok pasien dengan kategori lebih luas.

Saat bertemu kepala kelompok medis nasional pada Selasa (3/8) ini, PM Suga berjanji untuk 'melindungi nyawa rakyat'.

"Penyebaran infeksi dalam skala nasional mendekati krisis terbesar kami sejak gelombang pertama tahun lalu," sebut Nakagawa.