Kanada Akan Terima 5 Ribu Pengungsi Afghanistan yang Dievakuasi AS

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 00:20 WIB
Afghan people who were transported from Afghanistan, walk after disembarking a plane, at the Torrejon military base as part of the evacuation process in Madrid, Monday. Aug. 23, 2021. (AP Photo/Andrea Comas)
Pengungsi Afghanistan (Foto: AP/Andrea Comas)
Ottawa -

Otoritas Kanada mengatakan pihaknya akan menerima sekitar 5.000 pengungsi Afghanistan yang telah dievakuasi oleh Amerika Serikat (AS). Kanada menyebut akan terus berusaha membantu warga Afghanistan yang ingin menetap di Kanada.

"Kami tahu ada lebih banyak hubungannya dengan berakhirnya operasi evakuasi sekutu," kata Menteri Imigrasi Marco Mendicino, seperti dilansir Reuters, Selasa (31/8/2021).

"Kami berusaha sekuat tenaga untuk membantu sebanyak mungkin warga Afghanistan yang ingin menetap di Kanada," imbuhnya.

Kanada telah mengevakuasi sekitar 3.700 warga Afghanistan dari Kabul yang pernah bekerja dengan angkatan bersenjatanya di masa lalu. Kanada diketahui telah menarik tentara terakhirnya dari Afghanistan tujuh tahun lalu.

Sebanyak 5.000 pengungsi yang dievakuasi oleh Amerika Serikat akan tiba di Kanada. Jumlah ini sebagai bagian dari rencana Kanada yang diumumkan sebelumnya untuk menerima lebih dari 20.000 warga Afghanistan yang rentan --termasuk pemimpin perempuan, pekerja hak asasi manusia dan wartawan-- untuk melindungi mereka dari pembalasan Taliban.

Kanada menambahkan bahwa pihaknya berharap bisa terus membantu warga Afghanistan yang ingin bermukim kembali selama Taliban mengizinkan mereka pergi.

"Warga Afghanistan dengan dokumen perjalanan ke negara lain harus diizinkan untuk bergerak dengan aman dan bebas ke luar negeri tanpa campur tangan," kata Menteri Luar Negeri Marc Garneau pada konferensi pers.

"Kanada dan sekutunya teguh dalam hal ini, dan kami bersatu," tambahnya.

(lir/lir)