Bocah Palestina Tewas Seminggu Usai Ditembak Tentara Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 16:38 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (dok. Zaki Alfarabi/detikcom)
Gaza City -

Seorang bocah Palestina berusia 12 tahun meninggal dunia sepekan setelah tertembak tentara Israel dalam bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza. Bocah laki-laki ini meninggal dunia akibat luka-luka yang dideritanya.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (28/8/2021), bocah bernama Omar Hassan Abu al-Nile (12) ini terkena tembakan tentara Israel saat bentrokan pecah usai unjuk rasa digelar di dekat pagar perbatasan Gaza-Israel pada Sabtu (21/8) pekan lalu.

"Dia meninggal karena luka-lukanya," sebut Kementerian Kesehatan Gaza dalam pernyataannya, seperti dikutip kantor berita Palestina, Wafa.

Hamas yang menguasai Gaza menyebut bahwa sekitar 40 orang mengalami luka-luka dalam bentrokan pada 21 Agustus lalu, termasuk seorang pria Palestina berusia 32 tahun yang meninggal dunia pada Rabu (25/8) waktu setempat.

Seorang polisi Israel juga dilaporkan terkena tembakan dan kini dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Militer Israel dalam pernyataannya menyebut pihaknya merespons bentrokan itu dengan tembakan peluru tajam dan langkah-langkah lainnya terhadap para 'perusuh' Palestina yang melemparkan peledak ke pagar perbatasan dan berusaha memanjatnya.

Usai bentrokan itu, militer Israel melancarkan serangan udara dengan menargetkan pabrik persenjataan dan gudang penyimpanan milik Hamas.

Israel kembali menggempur wilayah Gaza pada awal pekan ini untuk membalas serangan balon api yang memicu sejumlah kebakaran di wilayah Eskhol, Israel bagian selatan. Tidak ada laporan korban jiwa akibat gempuran Israel tersebut.

(nvc/idh)