Dua Tersangka Anggota Abu Sayyaf Ditembak Mati di Malaysia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 13:58 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
ilustrasi (Foto: AFP)

"Namun, tembakan dilepaskan sebagai tanggapan dan itulah mengapa orang-orang kami harus membalas," kata Hazani.

Dia mengatakan baku tembak berlangsung sekitar tiga menit. Mereka kemudian menemukan dua pria tak dikenal telah tewas tertembak.

"Tidak ada orang kami yang terluka," katanya, seraya menambahkan bahwa para tersangka berada di daerah itu untuk merencanakan penculikan dua pemilik perkebunan di daerah Sandakan dan Sukau.

Hazani mengatakan para tersangka diyakini mencari uang tebusan untuk mendanai kegiatan militan bagi anggota Abu Sayyaf yang berbasis di Sulu timur di Bud Bawis, Panamao.

Dia mengatakan operasi khusus itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari operasi sebelumnya di kawasan mangrove dekat Taman Sri Arjuna di distrik Beaufort pada 8 Mei, di mana delapan tersangka anggota Abu Sayyaf ditangkap.

Lima tersangka lainnya ditembak mati dalam operasi lain di daerah yang sama pada 17 Mei. Hazani mengatakan polisi yakin ada gerilyawan lain yang melarikan diri di daerah itu dan perburuan mereka sedang berlangsung.


(ita/ita)