6 Pria Arab Saudi Ditangkap karena Lecehkan Turis Wanita

ADVERTISEMENT

6 Pria Arab Saudi Ditangkap karena Lecehkan Turis Wanita

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 18:25 WIB
Ilustrasi Penjara
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Riyadh -

Enam pria Arab Saudi ditangkap karena melecehkan seorang wanita asing yang sedang berkunjung ke ibu kota Riyadh. Pelanggaran hukum ini baru dikriminalkan di Saudi dalam beberapa tahun terakhir.

"Sebuah penyelidikan telah dibuka terhadap enam warga yang berusia 20-an tahun terkait sebuah insiden di mana mereka berkumpul di sekeliling kendaraan seorang turis asing yang mereka lecehkan secara verbal dan dengan gerak tubuh," ucap sumber kejaksaan setempat seperti dikutip Saudi Press Agency (SPA) dan dilansir AFP, Senin (16/8/2021).

Keenam tertuduh itu, yang telah mengakui perbuatannya, telah ditangkap dan kini ditahan sembari penyelidikan berlangsung.

Disebutkan sumber kejaksaan bahwa keenam pria itu terancam hukuman maksimum 10 tahun penjara dalam kasus ini.

Upaya memerangi pelecehan seksual baru dimulai beberapa waktu terakhir di Saudi, di mana persoalan kekerasan berbasis jenis kelamin masih sangat tabu.

Pada Mei 2018, pemerintah Saudi mengkriminalkan tindak pelecehan seksual dengan hukuman maksimum 5 tahun penjara dalam kasus-kasus tanpa keadaan memberatkan, dengan hukuman denda maksimum 300 ribu Riyals (Rp 1,1 miliar).

Sejak tahun 2017, Saudi berupaya melunakkan citranya yang keras dan konservatif, secara khusus dengan memajukan hak-hak wanita yang didorong oleh Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Namun reformasi itu diwarnai penindakan tegas para pembangkang, termasuk para aktivis hak wanita.

Tonton juga Video: Denyut Aktivitas di Bandara Internasional Dubai

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT