Arab Saudi Beri Rp 1,9 M untuk Keluarga Nakes Meninggal karena Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 10:10 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Ilustrasi (dok. AFP/OZAN KOSE)
Riyadh -

Pemerintah Arab Saudi mulai memberikan kompensasi sebesar 500 ribu Riyal atau setara Rp 1,9 miliar kepada keluarga para tenaga kesehatan (nakes), yang meninggal dunia akibat virus Corona (COVID-19). Kompensasi itu akan diberikan kepada masing-masing keluarga nakes yang wafat dalam tugas.

Seperti dilansir AFP, Senin (9/8/2021), otoritas Saudi pada Oktober tahun lalu mengumumkan akan memberikan '500.000 Riyal Saudi kepada keluarga-keluarga dari orang-orang yang meninggal akibat COVID-19 yang bekerja di sektor kesehatan, baik milik pemerintah atau swasta, sipil maupun militer, Saudi atau non-Saudi'.

Saat itu pemerintah Saudi menyatakan bahwa keputusan itu berlaku sejak 'tanggal infeksi pertama tercatat' di negara itu pada 2 Maret 2020.

Pada Minggu (8/8) waktu setempat, kantor berita Saudi Press Agency (SPA) mengumumkan bahwa pembayaran kompensasi untuk keluarga nakes telah dimulai.

"Mereka memberikan nyawa mereka dalam perang melawan pandemi untuk menjaga kesehatan dan keselamatan warga dan penduduk kerajaan," demikian sebut SPA dalam laporan terbarunya.

Tidak diketahui secara jelas jumlah nakes yang meninggal akibat COVID-19 di wilayah Saudi, di mana ribuan warga negara asing bekerja sebagai staf medis.

Beberapa waktu terakhir, pemerintah Saudi mempercepat laju vaksinasi nasional di tengah upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata dan sektor lainnya yang terdampak pandemi, seperti pertandingan olahraga dan hiburan.