Jet Tempur Militer Afghanistan Jatuh di Uzbekistan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 16:38 WIB
A member of the Afghan security forces stands guard after the American military left Bagram air base, in Parwan province north of Kabul, Afghanistan, Monday, July 5, 2021. The U.S. left Afghanistans Bagram Airfield after nearly 20 years, winding up its
Ilustrasi -- Personel militer Afghanistan (dok. AP/Rahmat Gul)
Tashkent -

Sebuah jet tempur milik militer Afghanistan dilaporkan jatuh di wilayah Uzbekistan. Insiden ini terjadi saat Afghanistan jatuh ke tangan kelompok Taliban yang menduduki Istana Kepresidenan di Kabul sejak Minggu (15/8) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Senin (16/8/2021), laporan jatuhnya jet tempur Afghanistan itu disampaikan oleh situs berita lokal Uzbekistan dengan mengutip sejumlah sumber dan foto-foto yang dibagikan via aplikasi pesan.

Menurut laporan Gazeta.uz, sebuah jet tempur jatuh di wilayah provinsi Surxondaryo, wilayah paling selatan Uzbekistan yang dekat dengan wilayah Afghanistan pada Minggu (15/8) tengah malam waktu setempat.

Media lokal Uzbekistan itu mempublikasikan sejumlah foto petugas medis sedang merawat seorang pria yang memakai seragam Angkatan Udara.

Sumber yang dikutip Gazeta.uz juga menyebut dua personel militer Afghanistan yang diyakini ada di dalam jet tempur itu, kini menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di ibu kota Provinsi Surxondaryo.

Penyebab jatuhnya jet tempur militer Afghanistan di Uzbekistan itu belum diketahui pasti.

Kementerian Pertahanan Uzbekistan dalam pernyataan yang dikutip kantor berita Rusia, TASS, menyatakan tengah mempelajari laporan soal kecelakaan jet tempur tersebut. Otoritas Uzbekistan belum memberikan keterangan resmi soal hal ini.

Pada Minggu (15/8) waktu setempat, otoritas Uzbekistan menyatakan pihaknya menahan 84 tentara Afghanistan yang menyeberangi perbatasan dan meminta bantuan medis.

Pemerintah Afghanistan diketahui kolaps pada Minggu (15/8) waktu setempat setelah Taliban mengambil alih ibu kota Kabul.

Lihat Video: Menengok Kota Kabul Usai Dikuasai Taliban

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)