5 Orang Tewas dalam Kekacauan di Bandara Kabul

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 15:43 WIB
Afghans crowd at the tarmac of the Kabul airport on August 16, 2021, to flee the country as the Taliban were in control of Afghanistan after President Ashraf Ghani fled the country and conceded the insurgents had won the 20-year war. (Photo by - / AFP)
Warga Afghanistan membanjiri landasan bandara Kabul (AFP)
Kabul -

Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas di area bandara Kabul, Afghanistan, saat ratusan orang berupaya masuk secara paksa ke dalam pesawat-pesawat yang akan meninggalkan negara tersebut. Kekacauan di bandara Kabul ini terjadi setelah kelompok Taliban merebut kekuasaan dari pemerintah Afghanistan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (16/8/2021), seorang saksi mata menuturkan kepada Reuters bahwa dirinya melihat langsung lima jenazah dievakuasi ke dalam sebuah kendaraan di area bandara Kabul.

Seorang saksi mata lainnya menyatakan tidak diketahui secara jelas apakah para korban tewas akibat tembakan atau akibat desak-desakan yang terjadi di bandara Kabul.

Belum ada pernyataan resmi dari otoritas Afghanistan terkait insiden di bandara tersebut.

Sebelumnya seorang saksi mata menuturkan bahwa tentara Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan di bandara Kabul untuk mengamankan evakuasi para diplomat dan warga, sempat melepaskan sejumlah tembakan ke udara.

Hal ini terjadi saat ribuan warga Afghanistan mendatangi bandara bahkan hingga masuk ke dalam area landasan. Seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, menjelaskan bahwa tembakan yang dilepaskan tentara AS itu bertujuan untuk meredakan kekacauan di bandara Kabul.

Laporan AFP menyebut banyak warga Afghanistan yang masuk hingga ke area landasan sambil menyeret koper mereka di tengah kegelapan, demi menunggu penerbangan yang bisa membawa mereka keluar dari negara tersebut. Sejumlah wanita dan anak-anak dilaporkan tertidur di dekat koridor keamanan bandara.

Simak Video: Menengok Kota Kabul Usai Dikuasai Taliban

[Gambas:Video 20detik]