Makin Dekat ke Ibu Kota Afghanistan, Taliban Rebut Kota Mazar-i-Sharif

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 04:28 WIB
Afghanistan: Semua pasukan asing harus angkat kaki pada 11 September, kata Taliban
Foto: Kelompok Taliban (BBC World)
Afghanistan -

Kelompok Taliban semakin mendekati Ibu Kota Afghanistan, Kabul. Mereka kini telah menguasai kota di sisi utara Afghanistan yakni Mazar-i-Sharif.

Seperti dilansir AFP, Minggu (15/8/2021), kelompok Taliban merebut kota Mazar-i-Sharif setelah berhari-hari. Kelompok gerilyawan Taliban menyapu sebagian besar kota tersebut.

Seorang warga di kota tersebut, Atiqullah Ghayor mengatakan para gerilyawan Taliban telah menguasai kota tersebut. Mereka, kata dia, berparade dengan motor dan menembakan senjata ke udara sebagai perayaan.

"Mereka berparade dengan kendaraan dan sepeda motor mereka, menembak ke udara dalam perayaan," kata Atiqullah Ghayor, yang tinggal di dekat masjid biru yang terkenal di kota itu.

Untuk diketahui, pertempuran sengit dilaporkan sempat terjadi di sekitar wilayah Mazar-i-Sharif, tempat persembunyian terpencil di utara Afghanistan di mana mantan Wakil Presiden Abdul Rashid Dostum mengumpulkan milisi anti-Taliban yang ganas.

Laporan Associated Press menyebut bahwa Taliban sejauh ini telah menguasai 12 dari total 34 ibu kota provinsi di Afghanistan dalam serangan selama sepekan terakhir. Kota-kota penting lainnya yang sejauh ini belum dikuasai Taliban mencakup Jalalabad, Gardez dan Khost.

Dalam pidatonya, Presiden Ghani menyatakan keinginannya untuk mengakhiri pertempuran di negaranya.

"Saya telah memulai konsultasi ekstensif di dalam pemerintahan dengan para tetua, pemimpin politik, perwakilan rakyat, dan mitra-mitra internasional untuk mencapai solusi politik yang masuk akal dan pasti di mana perdamaian dan stabilitas rakyat Afghanistan dipertimbangkan," tegasnya.

Lihat juga Video: Krisis Kemanusiaan di Afganistan Akibat Kepungan Taliban

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)