International Updates

Israel Ancam Serang Iran Usai Serangan Kapal Tanker, Heboh Logo Kaos Macron

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 19:15 WIB
This Jan. 2, 2016 photo shows the Liberian-flagged oil tanker Mercer Street off Cape Town, South Africa. The oil tanker linked to an Israeli billionaire reportedly came under attack off the coast of Oman in the Arabian Sea, authorities said Friday, July 30, 2021, as details about the incident remained few. (Johan Victor via AP)
Kapal tanker Mercer Street yang diserang di perairan Oman dalam foto tahun 2016 (Foto: Johan Victor via AP)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, melontarkan ancaman untuk Iran setelah terjadi serangan mematikan terhadap sebuah kapal tanker di dekat perairan Oman. Gantz memperingatkan bahwa Israel sedang bersiap untuk menyerang Iran.

Seperti dilansir Arab News dan Associated Press, Jumat (6/8/2021), ancaman ini disampaikan Gantz saat Israel terus melobi negara-negara lainnya di forum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengambil tindakan terhadap Iran terkait serangan kapal tanker Mercer Street yang menewaskan dua awak pekan lalu.

Kapal tanker tersebut dikelola oleh sebuah perusahaan yang dimiliki oleh miliarder Israel, Eyal Ofer. Amerika Serikat (AS) dan Inggris juga menyalahkan Iran atas serangan kapal tanker tersebut. Otoritas Iran telah membantah pihaknya terlibat dalam serangan itu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (6/8/2021):

- Tangkal Varian Delta, Ibu Kota Filipina Lockdown Lagi 2 Minggu

Ibu kota Filipina, Manila, kembali di-lockdown pada hari Jumat (6/8) ini, seiring pihak berwenang berusaha untuk memperlambat penyebaran varian Delta virus Corona, yang sangat menular dan mengurangi tekanan pada rumah sakit.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (6/8/2021), pos-pos pemeriksaan polisi di seluruh Wilayah Ibu Kota Nasional menyebabkan antrean panjang ketika para petugas memeriksa kendaraan untuk memastikan hanya pekerja penting yang berada di jalan.

Para ahli memperingatkan bahwa ledakan kasus Corona varian Delta dapat membanjiri sistem kesehatan jika pembatasan tidak diperketat di ibu kota yang padat, yang menyumbang sekitar sepertiga dari ekonomi Filipina. Lebih dari 13 juta orang bermukim di Manila.

- China Janji Sediakan 2 Miliar Dosis Vaksin Corona untuk Dunia Tahun Ini

Presiden China Xi Jinping berjanji bahwa negaranya akan "berusaha menyediakan" dua miliar dosis vaksin COVID-19 untuk dunia tahun ini. China juga akan menyumbang senilai US$ 100 juta untuk sistem distribusi vaksin internasional yang dikenal sebagai Covax.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (6/8/2021), janji itu disampaikan dalam pesan tertulis oleh Xi saat forum video tentang kerja sama vaksin, seiring China memerangi wabah baru virus Corona yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Varian Delta sekarang telah terdeteksi di beberapa bagian China, mendorong pengujian massal dan menyebabkan angka kasus harian mencapai level tertinggi dalam beberapa bulan.

- Logo Misterius di Kaos Presiden Macron Picu Teori Konspirasi

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menjadi pembahasan hangat publik setelah tampil dalam video TikTok untuk mengimbau kalangan muda Prancis disuntik vaksin virus Corona (COVID-19). Namun, pembahasan bukan fokus pada imbauan Macron, melainkan logo misterius pada kaos yang dipakainya.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat (6/8/2021), dalam video TikTok yang diposting Senin (2/8) waktu setempat, Macron yang biasanya memakai setelan jas rapi warna abu-abu lengkap dengan kemeja putih dan dasi, tampak lebih kasual dengan memakai kaos lengan pendek berwarna hitam.