Logo Misterius di Kaos Presiden Macron Picu Teori Konspirasi

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 11:42 WIB
The French President wore a black T-shirt for his TikTok chat, sparking wild theories around its origin (AP via thesun.co.uk)
Emmanuel Macron memakai kaos dengan logo misterius yang memicu teori konspirasi (AP via thesun.co.uk)
Paris -

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menjadi pembahasan hangat publik setelah tampil dalam video TikTok untuk mengimbau kalangan muda Prancis disuntik vaksin virus Corona (COVID-19). Namun, pembahasan bukan fokus pada imbauan Macron, melainkan logo misterius pada kaos yang dipakainya.

Seperti dilansir The Guardian, Jumat (6/8/2021), dalam video TikTok yang diposting Senin (2/8) waktu setempat, Macron yang biasanya memakai setelan jas rapi warna abu-abu lengkap dengan kemeja putih dan dasi, tampak lebih kasual dengan memakai kaos lengan pendek berwarna hitam.

Selain menyampaikan imbauan vaksinasi untuk kalangan muda, Macron juga menjawab pertanyaan seputar vaksinasi Corona dalam video itu.

Namun, mencuatnya pembahasan soal spekulasi dan teori konspirasi usai video TikTok Macron dirilis, menunjukkan bahwa publik tampaknya lebih memperhatikan logo warna putih di kaosnya daripada pesan-pesannya soal vaksinasi Corona.

Logo geometrik menyerupai burung hantu itu membuat banyak pihak yang bertanya-tanya soal apa maknanya? Apakah itu memang hanya logo kaos berbentuk burung hantu? Atau sebenarnya ada pesan tersembunyi di balik pemilihan kaos tersebut untuk dipakai seorang Presiden Prancis?

Ada juga yang bertanya apakah tim humas Istana Kepresidenan Elysee berusaha menyampaikan pesan rahasia melalui logo itu? Hingga ada yang berspekulasi dan mempertanyakan apakah Macron bagian dari komplotan rahasia?

Teori awal menyebutkan bahwa itu merupakan logo Bohemian Club, sebuah kelompok politik yang dibentuk di California, Amerika Serikat (AS), tahun 1872 dan diberi nama dengan apa yang dipandang warga Amerika sebagai gerakan bohemian Eropa 'belle epoque' yang merujuk pada budaya tandingan kaum borjuis.

Saat ini, kelompok itu menjadi klub khusus laki-laki yang beranggotakan para pengusaha dan politikus dari AS, Eropa dan Asia. Namun, meski Bohemian Club diketahui memiliki logo burung hantu, bentuknya tidak sama seperti yang ada pada kaos Macron. Logo Bohemian Club juga biasanya disertai huruf merah BC.

Simak juga 'Presiden Prancis Temui Para Pemimpin Dunia, Bahas Apa?':

[Gambas:Video 20detik]