20 Pejabat China Dihukum karena Lalai Soal Penyebaran Varian Delta

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 10:46 WIB
Wuhan kini kembali diserang virus Corona melalui varian delta. Pemerintah terkait pun gerak cepat dengan menggelar tes PCR massal.
Otoritas China menggelar tes Corona massal di berbagai wilayah setelah kemunculan wabah baru yang dipicu varian Delta (dok. Getty Images)
Beijing -

Puluhan pejabat tinggi di kota wisata Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China, dihukum karena dianggap lalai menangani penyebaran wabah baru virus Corona (COVID-19) yang kini meluas ke berbagai wilayah. Zhangjiajie menjadi salah satu hot spot terbaru penularan lokal Corona yang dipicu varian Delta.

Seperti dilansir media lokal China, Global Times, Jumat (6/8/2021), mereka yang dijatuhi hukuman terdiri atas para pejabat tinggi departemen kesehatan setempat, kemudian para staf manajemen rumah sakit yang mengurusi tes Corona hingga para personel yang mengurusi acara pertunjukan lokal untuk para turis.

Pertunjukan lokal untuk turis di Zhangjiajie diketahui memicu penyebaran luas Corona hingga ke sedikitnya delapan provinsi dan wilayah China lainnya.

Sebanyak enam pejabat dari distrik Yongding, yang menjadi lokasi terdeteksinya 15 kasus Corona pada Selasa (3/8) waktu setempat, telah dijatuhi hukuman yang mencakup pemecatan dari jabatan.

Salah satunya adalah Kepala Departemen Kesehatan distrik tersebut, Xu Xionghui, yang menurut televisi nasional CCTV, telah dicopot dari jabatannya.

Menurut pengumuman resmi otoritas terkait, Xu dianggap tidak kompeten dalam mengawasi penerapan upaya pencegahan dan pengendalian Corona di wilayah distriknya. Dia juga dinilai tidak memiliki manajemen yang efektif dan tepat waktu dalam mengisolasi para pasien yang terinfeksi Corona.

Pejabat lain yang dihukum adalah Direktur Departemen Darurat pada Rumah Sakit Rakyat Zhangjiajie, Deng Huabin, yang bertanggung jawab atas keseluruhan tes asam nukleat untuk Corona di rumah sakit.

Deng dicopot dari jabatannya karena dianggap lalai dalam manajemen yang memicu berkumpulnya banyak orang di lokasi tes Corona dan memberikan risiko serius untuk infeksi silang di rumah sakit.

Simak video 'Situasi di Wuhan Usai Merebaknya Virus Covid-19 Varian Delta':

[Gambas:Video 20detik]